web analytics
  

Berinovasi saat Pandemi, Warga Komplek Gading Tutuka 2 Gelar Lomba Tingkat RT

Jumat, 21 Agustus 2020 10:04 WIB Netizen Depi Agung Setiawan, S.Sos, M.I.Kom
Netizen, Berinovasi saat Pandemi, Warga Komplek Gading Tutuka 2 Gelar Lomba Tingkat RT, lomba,HUT ke-75 Republik Indonesia,Desa Ciluncat,Pandemi Covid-19,kreativitas warga,demam berdarah dengue

Karya dekorasi warga RT 002 RW 011 pada lomba dekorasi dan lingkungan bersih sehat tingkat RT dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-75 (Depi Agung Setiawan)

Depi Agung Setiawan, S.Sos, M.I.Kom

Community Development Facilitator dan Penjabat Ketua RW 011, Desa Ciluncat.

AYOBANDUNG.COM -- Di tengah era persaingan globalisasi menguatkan sikap cinta terhadap tanah air merupakan kewajiban bagi setiap warga negara. Sikap cinta terhadap tanah air dapat diekspresikan melalui beragam bentuk, salah satunya dengan mengenang jasa-jasa perjuangan para founding fathers bangsa melalui momentum peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus. Hal ini selaras dengan ungkapan Bung Karno (Presiden Pertama Republik Indonesia), “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”.

Di tengah situasi bencana pandemi Covid-19 yang melanda Negara Indonesia tampaknya tak menyurutkan semangat warga untuk merayakan hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia, seperti yang dilakukan oleh warga di lingkungan Komplek Gading Tutuka 2 RW 011, Desa Ciluncat, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung.

Dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan ke-75 RI tahun 2020, warga Komplek Gading Tutuka 2 merayakannya dengan menggelar lomba dekorasi atau merias gang, serta lomba lingkungan bersih sehat tingkat RT. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengurus RW 011 bekerja sama dengan Karang Taruna Tri Sukma RW 011 ini mengusung tema “Merawat Kekompakan Warga Melaui Inovasi di Tengah Pandemi”.

Flyer pengumuman lomba dekorasi gang dan lingkungan bersih sehat tingkat RT dalam rangka HUT ke-75 RI. (Depi Agung Setiawan)

Selain bertujuan merawat kekompakan warga, kegiatan perlombaan yang memperebutkan piagam serta piala bergilir ini bertujuan menggali potensi inovasi atau kreativitas warga dalam mengisi laju pembangunan bangsa yang semakin kompetitif.

Karya dekorasi warga RT 001 RW 011 pada lomba dekorasi gang dan lingkungan bersih sehat tingkat RT dalam rangka HUT ke-75 RI. (Depi Agung Setiawan)

Sementara lomba lingkungan bersih dan sehat sengaja digelar oleh panitia penyelenggara dengan tujuan untuk meningkatkan sikap kepedulian warga terhadap pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan guna mencegah timbulnya penyakit seperti demam berdarah dengue, serta mencegah rusaknya lingkungan.

Karya dekorasi warga RT 002 RW 011 pada lomba dekorasi dan lingkungan bersih sehat tingkat RT dalam rangka HUT ke-75 RI. (Depi Agung Setiawan)

Indikator penilaian lomba lingkungan bersih dan sehat didasarkan pada aspek kemandirian warga di lingkungan RT dalam mengelola prasarana penunjang lingkungan, seperti aspek kemandirian warga dalam mengelola drainase/saluran air limbah rumah tangga, ketersediaan fasilitas lampu penerang jalan gang, penanaman pohon peneduh jalan gang (ruang terbuka hijau), serta ketersediaan papan nama dan portal di setiap jalan gang.

Sementara, indikator penilaian lomba dekorasi jalan gang didasarkan pada aspek kekompakan warga antar gang, keunikan material dekorasi, serta keterhubungan material dekorasi dengan tema yang diusung.

Perlombaan dengan konsep dari warga, oleh warga, dan untuk warga ini menggunakan pembiayaan dari dana kas Pengurus RT, Kas Pengurus RW, serta dari donasi dari warga setempat. Sementara Tim Penilai atau Juri perlombaan berasal dari Pengurus RW, Pengurus PKK, serta dari unsur Karang Taruna.

Aktivitas warga RT 002 RW 011 yang tengah merias gang dalam lomba dekorasi gang dan lingkungan bersih sehat tingkat RT dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-75. (Depi Agung Setiawan)

Selama kegiatan perlombaan berlangsung, pihak panitia penyelenggara mewajibkan kepada seluruh peserta untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19, seperti mewajibkan warga untuk selalu menggunakan masker, rutin mencuci tangan dengan sabun, serta mewajibkan warga untuk selalu menjaga jarak (social distance).

Penjabat Ketua RW 011 Desa Ciluncat, Depi Agung Setiawan, berharap kegiatan perlombaan semacam ini akan rutin dilaksanakan dalam setiap tahunnya dalam rangka merawat kekompakan, memupuk sikap nasionalisme, serta menggali potensi kreatifitas warga di tengah kompetitifnya laju pembangunan global.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers