web analytics
  

Orang Dewasa Perlu Buku Mewarnai, Mengapa?

Jumat, 21 Agustus 2020 06:41 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Orang Dewasa Perlu Buku Mewarnai, Mengapa?, buku mewarnai,stres,Kesehatan,Sibuk

[Ilustrasi] Mewarnai bisa membuat orang dewasa mengelola stres (Pixabay/Aline Ponce)

NEW DELHI, AYOBANDUNG.COM — Kegiatan mewarnai di buku ternyata membantu orang dewasa menghilangkan stres.

Bagi seseorang yang memiliki kehidupan yang sibuk dan banyak pikiran, mewarnai adalah kegiatan yang ideal. Kegiatan mewarnai dapat membantu menenangkan pikiran.

Seperti yang dilansir Indian Express, Jumat (21/8/2020), mewarnai melibatkan gerakan berulang yang melemaskan amigdala. Amigdala dianggap sebagai pusat ketakutan otak. Kuncinya adalah benar-benar membenamkan diri dalam aktivitas dan tidak fokus pada apapun yang dapat menyebabkan stres dan cemas.

Mewarnai membuat seseorang lebih percaya diri pada kreativitasnya. Ketika sesorang memasuki sisi kreatif di luar tempat kerja, dia akan muncul sebagai orang yang lebih inovatif dan bersemangat ketika berada di kantor.

Penelitian tersebut dilakukan oleh San Francisco State University. Selain itu seseorang dapat membawa beberapa buku mewarnai ke kantor dan mengajak rekan kerja mewarnai bersama.

Saat seseorang mengambil buku mewarnai, terutama di malam hari sebelum tidur, dia tidak lagi memegang ponsel pintar dan tablet. Sains mengatakan, mengganti gawai (gadget) dengan buku membuat tidur lebih nyenyak.

Seseorang tidak terpapar oleh cahaya biru yang menghambat tidur. Waktu istirahat menjadi cukup dan kesehatan kulit meningkat.

Aroma pensil warna dan krayon disebut-sebut dapat membawa seseorang kembali ke masa kecil. Hal ini membuat suasana hati yang baik dan merasa optimistis. Dengan kegiatan mewarnai, pikiran akan fokus dan tangan menjadi aktif.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers