web analytics
  

Manfaat Pilates, Turunkan Berat Badan hingga Cegah Stres

Jumat, 21 Agustus 2020 03:06 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Manfaat Pilates, Turunkan Berat Badan hingga Cegah Stres, Pilates,Kesehatan,stres,Diet,menurunkan berat badan

Selain yoga, kamu juga bisa mencoba olahraga pilates untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang bisa kamu rasakan secara fisik maupun mental. (Unsplash.com/Bruce Mars)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sejak Joseph Pilates mendirikan studionya di New York City sekitar seabad yang lalu, ia menciptakan metode pelatihan yang difokuskan pada penguatan otot perut dan batang tubuh yang disebut "inti", melalui ratusan gerakan yang sangat spesifik. Klien Pilates pertama adalah penari balet yang mencari cara untuk memperbaiki postur tubuh dan mengontrol gerakan.

Pilates terlihat sangat mudah. Tetapi gerakan yang minim tersebut bisa meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh, menurut Marie-Louise Bird, peneliti Pilates dan peneliti pasca doktoral di University of British Columbia.

Pilates juga memperkuat ikatan antara pikiran dan otot, membantu orang menggunakan otot yang tepat di bagian inti yang mengarah pada postur tubuh yang lebih baik dan kontrol atas gerakan tubuh, kata Cherie Wells, dosen senior terapi fisik di Griffith University Australia.

Penelitian Wells menemukan manfaat penguatan inti Pilates juga dapat meredakan rasa sakit dan meningkatkan aktivitas orang yang menderita nyeri punggung bawah kronis.

Beberapa penelitian juga mengaitkan Pilates dengan fleksibilitas yang lebih baik, stabilitas tubuh, pencegahan cedera, dan kinerja atletik.

Namun orang sering melakukan Pilates dengan salah, jadi jika kamu ingin merasakan semua manfaat tersebut, postur yang baik itu sangat penting, menurut Bird. Oleh karenanya, kamu harus menemui pelatih atau instruktur yang berkualitas, setidaknya ketika kamu masih pemula.

“Hasil yang maksimal dihasilkan dari kelas terstruktur yang diajar oleh instruktur bersertifikat,” kata Ann Gibson, profesor ilmu olahraga di University of New Mexico, yang memperingatkan para pemula untuk tidak berasumsi bahwa mereka dapat mengikuti Pilates dengan melihat beberapa video atau panduan secara daring.

Bagian unik lain dari Pilates bukanlah fisik, tetapi mental. Salah satu konsep kunci Pilates disebut "pemusatan", atau pemahaman bahwa semua gerakan berasal dari inti tubuh kamu.

"Seperti yoga, pilates itu berkaitan dengan teknik pernapasan dan fokus memperhatikan gerakan tubuh," kata Gibson. Setidaknya satu penelitian telah mengaitkan Pilates dengan peningkatan kesadaran sensorik, yang dapat menyebabkan relaksasi, perbaikan suasana hati, dan pengurangan stres.

Tidak mengejutkan bagi siapa pun yang akrab dengan latihan klasik pose Pilates yang dilakukan selama 100 ketukan, latihan tersebut juga memberikan efek khusus pada perut. “Pilates tampaknya mengaktifkan otot perut lebih dalam daripada latihan gym konvensional,” kata Duncan Critchley, dosen dan peneliti olahraga di King's College London.

Selain itu, Pilates dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Jika kamu mencari olahraga yang bisa memperkuat tubuh dan memiliki beberapa manfaat sampingan yang menyenangkan, seperti pikiran yang lebih tenang, Pilates tentu patut dicoba. (Fariza Rizky Ananda)

Sumber: Time
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers