web analytics
  

Bandara Husein Sastranegara Bandung Kembali Layani Penerbangan Pesawat Jet

Kamis, 20 Agustus 2020 19:14 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Bandara Husein Sastranegara Bandung Kembali Layani Penerbangan Pesawat Jet, Bandara Husein Sastranegara Bandung,Pesawat Jet

Bandara Husein Sastranegara Bandung. (Irfan Al-Faritsi)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung kembali mengoperasikan rute penerbangan dengan pesawat jet komersial. Sebanyak 6 rute penerbangan domestik dengan jet kembali hadir setelah sebelumnya dialihkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Keenam rute penerbangan pesawat jet tersebut disediakan oleh dua maskapai, yakni Citilink dan Lion Air. Beberapa rute yang dilayani di antaranya adalah dari Bandung menuju Makassar, Denpasar, Balikpapan, Pekanbaru hingga Palembang.

"Penerbangan (yang beroperasi) hari ini baru Lion Air grup, rute Bandung-Makassar. Kemudian Bandung-Denpasar dan Bandung- Kualanamu," ungkap General Manager Husein Sastranegara Iwan Winaya Mahdar saat ditemui dalam inagurasi first flight di Bandara Husein Sastranegara, Kamis (20/8/2020).

Adapun penerbangan pesawat jet Citilink, ia mengatakan, akan mulai beroperasi pada Jumat (21/8/2020). Pesawat jet maskapai ini melayani beberapa rute penerbangan, di antaranya adalah Bandung-Palembang dan Bandung-Pekanbaru

Sementara Lion air melayani empat rute penerbangan. Keempat rute tersebut adalah Bandung-Makassar, Bandung-Kualanamu, Bandung-Balikpapan, dan Bandung-Denpasar.

Di hari inagurasi penerbagan perdana ini, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana turut hadir meyaksikan mendaratnya pesawat Lion Air Boeing 737-800 rute Makassar-Bandung. Ia berharap, hadirnya kembali pesawat jet di bandara ini dapat perlahan-lahan memulihkan sektor pariwisata Kota Bandung.

Ia mengatakan, sejak beralihnya sejumlah penerbangan domestik ke BIJB Kertajati, penurunan aktivitas pariwisata di Kota Bandung terpantau menurun. Hal tersebut disinyalir diakibatkan dari jarak yang harus ditempuh wisatawan yang tiba di Kertajati menuju Kota Bandung.

"Kalau di sini kan sudah jelas mudah-mudahan sih memang meningkatkan wisata Kota Bandung," ungkapnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers