web analytics
  

Film Tilik Viral, Begini Ide Awal Pembuatannya

Kamis, 20 Agustus 2020 14:01 WIB
Umum - Nasional, Film Tilik Viral, Begini Ide Awal Pembuatannya, Film Tilik,Tilik,Film Viral,video viral,Hiburan,Film Pendek

Film Tilik (Tangkapan Layar)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Film pendek Tilik ramai diperbincangkan warganet setelah diunggah secara legal di YouTube baru-baru ini. Salah satu tokoh film Tilik, Bu Tejo, yang diperankan Siti Fauziah cukup mencuri perhatian.

Pemicunya, karakternya sebagai tukang gosip di antara ibu-ibu warga Yogyakarta. Berdasarkan sinopsis, Tilik merupakan bahasa Jawa yang berarti menjenguk. Film ini mengisahkan sekelompok ibu-ibu dari desa Bantul yang pergi ke Jogjakarta menjenguk ibu Lurah yang dirawat di rumah sakit.

Mereka menggunakan truk pengangkut pasir sebagai moda transportasi untuk mengantar ke rumah sakit. Sepanjang perjalanan, Bu Tejo menggunjing soal sosok Dian yang dicurigai sebagai perempuan penggoda.

Tidak terima kerabatnya menjadi bahan pergunjingan, Yu Ning (Brilliana Desy) membela Dian. Kepada Bu Tejo, ia memperingatkan agar tidak asal menuduh orang.

Tapi Bu Tejo berdalih, mendapatkan informasi itu dari orang sekitar yang pernah memergoki Dian. Selain itu, ia juga membaca media sosial saat segelintir orang membicarakan Dian sang kembang desa.

Menariknya pada akhir film berdurasi 30 menit ini, penonton akan dibuat terkejut dengan cerita Tilik. Mengulik kisah unik di balik Tilik, ternyata film ini berdasarkan fenomena dari keseharian dari warga di desa yang masih dilakukan hingga saat ini.

"Kisah di balik film ini awalnya dari Mas Bagus Sumartono (penulis) yang menemukan fenomena Tilik di Yogyakarta pada 2016," kata Elena Rosmeisara di Instagram TV Ravacana Films, rumah produksi Tilik.

Hanya saja, jika sekadar menyuguhkan film tersebut, terasa ada yang kurang. Sehingga tim produksi melakukan observasi hingga dua tahun untuk menggali informasi.

"Kita melakukan observasi di desa Saradan di Wonosari. Mas Bagus melihat memang ada ibu-ibu sebanyak itu. Aslinya, juga ada bapak-bapak yang ikut Tilik (menjenguk)," ujar Elena.

Setelah observasi dan mendapatkan cerita, tim produksi menyeleksi para pemain.

Pemilihan para pemain pun tidak sembarangan. Karakter bu Tejo misalnya, sang produser sudah menjatuhkan pilihan pada aktris Siti Fauziah.

Selain sudah berpengalaman di bidang film, sosok Siti Fauziah dianggap cocok memerankan tokoh nyinyir, Bu Tejo.

"Pas baca naskah, saya sudah kepikiran mba Zie (Siti Fauziah) cocok. Jadi kepada penonton, mohon jangan dibully karena itu memang akting," tegas sang produser.

Film Tilik yang baru rilis di YouTube pada 17 Agustus 2020 sudah disaksikan lebih dari 1 juta viewers.

Film yang bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Yogyakarta itu juga sering tampil di festival film hingga mancanegara. Sebut saja Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018 serta Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers