web analytics
  

Dinkes Kabupaten Bandung Bantah Cimaung Masuk Zona Merah Covid-19

Rabu, 19 Agustus 2020 18:38 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Dinkes Kabupaten Bandung Bantah Cimaung Masuk Zona Merah Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung,Kecamatan Cimaung,Zona Merah Covid-19

Ilustrasi Zona Merah Covid-19. (Pixabay)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung membantah Kecamatan Cimaung menjadi zona merah covid-19.

Beberapa waktu lalu, muncul pesan berantai Kecamatan Cimaung menjadi zona merah covid-19. Dalam pesan berantai tersebut, disebutkan ada 5 warga yang positif covid-19.

Salah satu dampaknya, objek wisata Gunung Puntang ditutup selama dua pekan kedepan terhitung 18 agustus.

"Kami belum pernah mengumumkan Cimaung menjadi zona merah," tegas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Grace Mediana, Rabu (19/8/2020).

Menurutnya ada beberapa indikator bagi pemerintah dalam menetapkan sebuah daerah masuk zona merah. Diantaranya epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan.

Adanya 5 orang yang disebutkan positif covid-19, bukan menjadi satu-satunya penetapan zona merah bagi kecamatan Cimaung.

Disamping itu lanjut Grace, terdapat data tidak tepat dalam pesan berantai tersebut. Dia mengungkapkan, saat ini di Cimaung memang terdapat kasus terkonfirmasi covid-19, namun jumlahnya tidak seperti dalam pesan berantai.

Saat ini terdapat 3 kasus terkonfirmasi covid-19 di Kecamatan Cimaung dan dua suspec. Dua orang suspec, belum bisa disebut terkonfirmasi.

"Kami berharap masyarakat bisa bijak. Untuk mengetahui update kasus covid-19, bisa mengunjungi website Sawarna," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers