web analytics
  

Tips Cari dan Dapatkan Pekerjaan saat Pandemi, Perkuat Brand Diri

Rabu, 19 Agustus 2020 07:15 WIB
Umum - Nasional, Tips Cari dan Dapatkan Pekerjaan saat Pandemi, Perkuat Brand Diri, tips kerja,Lowongan Kerja,Pandemi Covid-19

Ribuan calon pelamar pekerjaan mengikuti pameran bursa kerja Unpad Jobfair 2019 di Graha Sanusi Unpad, Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, Kamis (19/9/2019). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

SLEMAN, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah trik bisa dilakukan untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan saat pandemi Covid-19.

Pandemi ini memunculkan tantangan baru bagi pencari kerja, termasuk lulusan baru. Banyak perusahaan terdampak melakukan perampingan, mengurangi perekrutan, dan membuat lulusan baru sulit mendapat pekerjaan.

Director Coorporate Affairs Microsoft Indonesia Ajar Edi membagi sejumlah saran yang dapat dilakukan lulusan baru di tengah-tengah pandemi. Salah satunya memperkuat brand diri dan membuat profil digital pribadi.

"Maksimalkan brand dan profil digital, buat profil yang bagus," kata Ajar dalam bincang-bincang sinergi UGM dan Kagama secara daring, Selasa (18/9/2020).

Kemudian, cari wawasan dan tren yang sedang berkembang, serta perkuat soft skill. Dengan langkah-langkah itu, diharapkan pencari kerja dapat membuka kesempatan yang semakin besar untuk dilirik perusahaan.

Lulusan baru harus menjadi pribadi yang autentik yang tahu tujuan hidup dan bertanggung jawab. Kemudian, menjadi pribadi yang bertumbuh dan berpikiran terbuka, yang diharapkan dari modal-modal itu bisa jadi pribadi yang berintegritas.

"Sebenarnya apa hubungan berkarier dengan pribadi autentik dan bertumbuh? Sebab, perusahaan global itu mencari orang terbaik, sesuai dan selaras dengan nilai, budaya, dan misi perusahaan," ujar Ajar.

Selain itu, pencari kerja perlu membangun jejaring yang baik untuk mendukung kesuksesan karier pada masa mendatang. Dalam membangun jejaring itu, sudah seharusnya dilakukan secara profesional, menghormati pemangku, dan berlaku sopan.

Direktur Utama PT Danareksa Sekuritas Friderica Widyasri Dewi menambahkan, lulusan-lulusan baru harus bisa percaya terhadap kemampuan diri. Kepercayaan diri itu merupakan salah satu modal kesuksesan pada masa depan.

Menurut Dewi, jika kita sudah tidak percaya diri, tentu akan sulit membuat orang lain percaya. Karenanya, selama mencari kerja harus membangun kepercayaan diri agar memiliki nilai tambah untuk perusahaan.

Selain itu, pencari kerja perlu bersikap baik, memahami passion dan pantang menyerah. Selanjutnya, mereka dapat membangun pertemanan dengan orang yang tepat dan berpikiran positif, serta terus berdoa dan memohon restu orang tua. 

"Ingat kalau kesuksesan merupakan sebuah proses yang tidak akan berakhir, semua butuh waktu," kata Dewi.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers