web analytics
  

Terapkan Pola Hidup Sehat, Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Selasa, 18 Agustus 2020 22:04 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Terapkan Pola Hidup Sehat, Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran, Pola Hidup Sehat,Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan Sayuran. (Pexels)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tidak ada kata terlambat untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Entah itu ingin menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, atau memiliki lebih banyak energi. Dilansir CNN, Selasa (18/8/2020) berikut 5 resolusi terkait asupan makanan yang membantu mencapai tujuan hidup sehat.

Pertama, makan dengan penuh perhatian. Kedua, usahakan memasak di rumah. Ketiga, optimalkan sehari tanpa daging dalam seminggu. Keempat, konsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Terakhir, perhatikan asupan air.

Buah dan sayuran rendah kalori, tinggi serat dan kaya vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit. Konsumsi sekitar 2 setengah cangkir sayuran dan 2 cangkir buah setiap hari.

Menurut Caroline Passerrello, seorang ahli diet terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, penting untuk menambahkan porsi tambahan buah dan sayuran dalam makanan sehari-hari.

Ada beragam cara sederhana untuk memasukkan lebih banyak buah dan sayuran dalam pola makan. Misalnya, memadukan pisang dengan sereal atau yogurt saat sarapan, makan salad saat makan siang, dan makan stroberi sebagai pencuci mulut.

Alternatif lain dengan mencampurkan tumis jamur ke dalam daging cincang, misalnya. Tujuannya untuk mendapatkan vitamin D dan kalium.

"Ketika saya memasak satu pon daging giling, saya menambahkan 8 hingga 12 ons jamur,” kata Passerrello. Passerrello juga menawarkan tip dengan menggunakan spiralizer untuk menikmati lebih banyak sayuran.

Terakhir, jangan takut pada buah dan sayuran beku, kalengan, atau kering. Bentuk buah dan sayuran ini dapat menghemat waktu. ”Jika dibeli tanpa tambahan pemanis atau pengawet sama, atau lebih, bergizi daripada (buah dan sayuran) segar,” ujar Passerrello.

Bagaimana mengukurnya? Setelah menetapkan tujuan untuk hidup lebih sehat, buatlah jurnal harian tentang porsi buah dan sayuran. Ukuran dapat menggunakan cangkir agar lebih mudah.  

Tetapkan ukurannya sesuai selera. Misalnya, 1 cangkir buah dan sayuran sama dengan 1 cangkir sayuran atau buah mentah atau matang, 1 cangkir jus sayur atau buah, 2 cangkir sayuran hijau atau setengah cangkir buah atau sayuran kering. (Ventriana Berlyanti)

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers