web analytics
  

Tercetak 75 Juta Saja, Uang Rp75.000 Dijual Selangit di Shopee Cs

Selasa, 18 Agustus 2020 18:27 WIB Aini Tartinia
Bisnis - Finansial, Tercetak 75 Juta Saja, Uang Rp75.000 Dijual Selangit di Shopee Cs, Uang Peringatan HUT ke-17 RI,Uang Rp75.000,Bank Indonesia (BI),Shopee,Bukalapak

Uang Peringatan HUT ke-17 RI, nominal Rp75.000 dijual di e-commerce (Istimewa)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Uang Peringatan Kemerdekaan yang dicetak dengan jumlah terbatas yakni 75 juta lembar kini viral di e-commerce, salah satunya Shopee.

Hal itu, lantaran uang rupiah khusus yang diluncurkan Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada HUT ke-75 RI bernominal Rp75 ribu itu dibandrol dengan harga puluhan juta rupiah.

Berdasarkan dari akun Instagram @lambe_turah pecahan Rp75 ribu tersebut dijual mulai dari kisaran harga Rp1,3 juta sampai dengan Rp50 juta. Unggahan itu langsung memantik reaksi netizen dunia maya yang mempertanyakan betapa mahalnya harga jual uang rupiah khusus tersebut.

“Padahal kalo tuker di BI mah cuma 75k pffz,” tulis akun @charmy_imbecyl.

“Nominal nya berapa, dijual nya berapa, Gendeng!” kata akun @farahlaalaa_

Tim redaksi juga mencoba menelusuri penjualanan UPK Rp75 ribu di market place Shopee, salah satu akun pedagang bernama r1k16 membandrol uang khusus tersebut seharga Rp1,25 juta per lembar dan dikirim dari Kab. Aceh Barat, Johan Pahlawan.

Penjual tak merinci uang yang dipasarkannya tersedia untuk dibeli atau sudah habis, mengingat animo masyarakat berburu uang baru sangat tinggi, penjual tak menjamin keaslian uang baru yang diluncurkan pada Senin (17/08/2020) kemarin.

“Uang limited RI-75 ID,” tulis r1k16.

Tak hanya itu, akun pedagang lainnya di Shopee, calestial77 mematok harga uang teranyar BI tersebut seharga Rp1,37 per bilyet.

“Hanya ada 1 unit. Siapa cepat dia dapat. Rare item! Langka!” tulis akun yang beralamatkan di Surabaya, Jawa Timur ini.

Wah, melihat tingginya harga yang dibandrol beberapa akun pedagang di Shopee, apakah hal tersebut diperbolekan? Bagaimana BI merespons hal itu?

Tak hanya itu, e-commerce Bukalapak pun ada akun yang menjual uang itu.

Sebenarnya, kalian boleh saja, lho menjual kembali UPK Rp75 ribu.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan, pihaknya memang tidak melarang untuk menjual uang pecahan tersebut. Namun, ia mengingatkan, nilai tukar uang itu tetap sebesar Rp75 ribu.

“Kalau dibeli dengan harga sekian, itu silahkan. Tapi penukaran tetap Rp75 ribu,” kata Rosmaya dalam koferensi pers daring, Selasa (18/08/2020).

Rosmaya menyebut, fenomena tersebut lantaran adanya pembatasan cetak uang yang hanya 75 juta lembar, sehingga sebagian orang memanfaatkan penerbitan uang pecahan itu untuk menjadi barang koleksi.

“Kalau seseorang sudah dapat dan disimpan untuk koleksi, ya silakan itu bisa,” ujarnya.

Bagi kalian yang ingin memesan uang langka tersebut dengan aman tanpa rasa khawatir bakal dapat uang palsu atau ditipu penjual, lebih baik ikutin proses jadwal pemesanan dan lokasi penukaran ini:

1. Kalian dapat melakukan penukaran secara daring dengan mengisi formulir pemesanan pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

2. Periode pemesanan penukaran, jadwal dan lokasi penukaran terdiri dari dua tahap, di antaranya:

a. Periode pemesanan penukaran tahap 1 (17 Agustus pukul 15.00 WIB sapai dengan 30 September 2020), dengan tempat penukaran di Kantor Pusat (KP) Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri (KPwDN) di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten;

b. Periode pemesanan penukaran tahap 2 (tanggal 1 Oktober 2020 hingga selesai), dengan tempat penukaran di Bank Indonesia (KP dan KPwDN) dan Bank Umum yang ditunjuk.

3. Tentunya melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran wajib ada syarat yang harus dipenuhi. Kalian tidak bisa sembarangan, ya!

a. Warga Negara Indonesia;

b. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

4. Kalian yang bertanya, apakah aplikasi PINTAR bisa diunduh melalui Android atau iOS? Begini, aplikasi tersebut dapat diakses melalui web browser yakni website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id. Jadi, PINTAR bukan berbentuk aplikasi yang dapat diunduh melalui Android atau iOS.

5. Dimana sih proses penukarannya? Sobat Ayojakarta, penukaran dapat dilakukan di beberapa tempat ini

a. Kantor Pusat Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia terhitung mulai 18 Agustus sampai dengan 30 September 2020;

b. Bank Umum yang ditunjuk dan Kantor Pusat Bank Indonesia serta 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indoensia terhitung mulai 2 Oktober 2020 hingga selesai.

5. Syarat bagi sobat Ayojakarta untuk dapat melakukan penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI tersebut ialah

a. Telah melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR;

b. Membawah Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli;

c. Membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital;

d. Melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan; dan

Data Nama dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran.

6. Jadwal penukaran dapat dilakukan paling cepat 1 (satu) hari setelah pemesanan dilakukan, sepanjang kapasitas penukaran Uang Peringatan Khusus 75 Tahun RI pada waktu dan lokasi yang dipilih masih tersedia.

7. Jika sobat Ayojakarta berhalangan ingin menukarkan uang khusus, jangan khawatir. Penukaran bisa diwakilkan oleh orang lain (perwakilan penukar) dengan syarat membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital, surat kuasa bermaterai cukup, KTP asli pemesan sesuai dengan data yang tertera pada bukti pemesanan, KTP/SIM/Paspor asli perwakilan penukar.

8. Kalian wajib memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sesuai kebijakan pemerintah setempat saat melakukan penukaran Uang Peringatan di kantor Bank Indonesia atau Bank Umum, ya!

Bagi sobat Ayojakarta yang ingin melakukan penukaran uang khusus di kantor Bank Indonesia, periode penukaran di Bank Indonesia dimulai pada tanggal 18 Agustus 2020 sampai dengan seluruh lembar uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI ditukarkan oleh masyarakat.

Jadwal untuk melakukan penukaran uang khusus tersebut dapat dilakukan pada pukul 08.00 hingga 11.00 waktu setempat Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPwDN) Bank Indonesia.

Dalam aplikasi pemesanan penukaran, sobat Ayojakarta dapat memilih waktu penukaran sebagai berikut:

1. Pukul 08.00 sampai dengan 09.00 waktu setempat

2. Pukul 09.00 sampai dengan 10.00 waktu setempat

3. Pukul 10.00 sampai dengan 11.00 waktu setempat

Sementara itu, bagi kalian yang ingin melakukan penukaran di Bank Umum, periode penukaran dimulai pada tanggal 2 Oktober 2020 sampai dengan seluruh lembar uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI ditukarkan oleh masyarakat.

Nah, bank umum bekerjasama untuk penukaran Uang Peringatan, di antaranya Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga. Coba cek apakah kalian menggunakan bank tersebut?

Jangan lupa, cabang bank umum sebagai lokasi penukaran Uang Peringatan dapat dilihat terlebih dahulu dalam menu aplikasi saat memilih lokasi penukaran.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers