web analytics
  

71 Sekolah di Jabar Mulai Belajar Tatap Muka

Selasa, 18 Agustus 2020 12:26 WIB
Umum - Regional, 71 Sekolah di Jabar Mulai Belajar Tatap Muka, Belajar Tatap Muka,Sekolah Tatap Muka,Pendidikan,Sekolah di Jawa Barat,Sekolah

Ilustrasi--Pelajar SMA (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Aktivitas belajar tatap muka tingkat SMA/SMK mulai diberlakukan di Provinsi Jawa Barat, Selasa (18/8/2020). Menurut Sekretaris Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Covid-19 Jawa Barat Daud Achmad, ada 71 sekolah yang mulai menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Ada di beberapa daerah seperti Pangandaran, Ciamis, dan Kabupaten Sukabumi. Ini ada juga di Indramayu," ujar Daud, Selasa (18/8).

Menurut Daud, sekolah yang telah membuka aktivitas belajar tatap muka sudah pasti lolos dalam tahapan verifikasi oleh tim di gugus tugas. Artinya, protokol kesehatan di sekolah itu pun sudah baik termasuk dalam penggunaan sistem belajar secara bergantian dalam daring dan luring.

Selain menerapkan protokol kesehatan, kata dia, untuk sekolah yang akan buka kembali maka para guru yang mengajar harus mengikuti tes swab terlebih dahulu.

"Kalau gurunya dinyatakan negatif virus corona maka bisa mengajar," kata Daud.

Daud mengatakan, ketika seluruh aturan sudah dipenuhi maka akan ada pengecekan kembali dari tim gugus tugas masing-masing kabupaten/kota. "Ketika ada siswa atau guru yang kemudian terpapar Covid-19 maka sekolah itu harus ditutup," katanya.

Selain itu, kata Daud, orang tua siswa pun bisa mengajukan izin ketika mereka enggan membiarkan anaknya kembali belajar tatap muka, dan hanya menginginkan belajar secara daring. Sekolah, harus menyediakan berbagai fasilitas penunjang tersebut, di mana pembelajaran yang diberikan secara luring atau daring tak berbeda.

"Jadi anak ini tetap harus mendapatkan pendidikan yang sama," katanya.

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers