web analytics
  

Jualan Online Jadi Tulang Punggung, Tokopedia Dorong UMKM di Tengah Pandemi

Senin, 17 Agustus 2020 20:59 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bisnis - Finansial, Jualan Online Jadi Tulang Punggung, Tokopedia Dorong UMKM di Tengah Pandemi, Jualan Online,UMKM,Tokopedia,Tokopedia Play Fest

Pendiri Dua Coffee, Omar Karim Prawiranegara dalam acara Tokopedia Play Fest secara virtual, Senin (17/8/2020). (Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 berdampak pada hampir seluruh sektor ekonomi, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Para pelaku kini dituntut untuk inovatif dan melek teknologi agar bisa bisnisnya bisa bertahan.

Pendiri Dua Coffee, Omar Karim Prawiranegara mengatakan bisnis produk kopi menjadi salah satu usaha yang terdampak saat pandemi. Pasalnya, usaha ini menawarkan pengalaman minum kopi di tempat.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya lantas berfikir kreatif dan menciptakan kopi literan. Selain itu juga dihadirkan produk makanan siap saji dan camilan. Seluruh produk tersebut kini dijual secara online.

"Penjualan online kini menjadi tulang punggung bisnis di tengah pandemi, bahkan bisa memperluas pasar," ujarnya dalam acara Tokopedia Play Fest secara virtual, Senin (17/8/2020).

Hal yang sama dilakukan, Pemilik Dewa Collection Bali, Dewanti Amalia Artasari mengaku pandemi membuat Bali sepi dari wisatawan.

Akhirnya dia memilih fokus jualan online yang ternyata membuat bisnisnya justru melonjak.

Kini, dia mampu mempekerjakan lebih dari 30 pengrajin benang dan terus berharap bisa membuka lapangan pekerjaan lebih banyak.

"Saya harus menambah karyawan untuk memenuhi lonjakan pesanan online yang naik lebih dari 5x lipat," katanya.

Semenatar itu, VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, menyatakan dengan konsisten memberikan panggung luas bagi para pegiat usaha lokal, salah satunya melalui Tokopedia Play Fest, pihaknya ingin lebih banyak lagi masyarakat yang bangga buatan Indonesia.

“Kami juga berharap semakin banyak UMKM yang tergerak memanfaatkan teknologi demi mempertahankan bisnis sekaligus berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi yang saat ini terdampak pandemi,” tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers