web analytics
  

Lion dan Citilink Kembali Buka Rute Husein Sastranegara

Minggu, 16 Agustus 2020 17:57 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bandung Raya - Bandung,  Lion dan Citilink Kembali Buka Rute Husein Sastranegara, Bandara Husein Sastranegara Bandung,Lion,Citilink

Pesawat Citilink di Bandara Husein Sastranegara Bandung. (Irfan Al-Faritsi)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Dua maskapai Indonesia, Citilink dan Lion Air bakal kembali melayani penerbangan menggunakan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke sejumlah daerah di Indonesia, mulai 20 Agustus 2020.

Distric Manajer Bandung Lion Air, Eva Rusmini mengatakan, pihaknya akan membuka empat rute penerbangan dari dan ke Bandara Husein Sastranegara mulai, Kamis (20/8/2020). Untuk tahap awal, Lion Air akan membuka 4 rute penerbangan, yaitu Bandung ke Kualanamu, Denpasar, Makassar, dan Balikpapan.

"Untuk Lion, kami berencana membuka 4 rute penerbangan, yakni Kualanamu, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar. Armada kita menggunakan Boeing 737 800 ng," kata Eva di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Minggu (16/8/2020).

Menurut Eva, pembukaan 4 rute tersebut didasarkan pada pengalaman layanan penerbangan sebelum dipindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Rute tersebut, kata dia, paling favorit dengan trafik cukup tinggi.

"Keempat rute penerbangan itu relatif favorit dan empat rute ini masih untuk tahap awal, nanti bisa jadi dibuka penerbangan lainnya," katanya.

Sementara itu, maskapai penerbangan, Citylink akan membuka perjalanan untuk lima rute mulai Jumat (21/8/2020). Station Manajer Citylink, Yusrizal menyampaikan, pihaknya akan membuka lim rute penerbangan dari dan ke Bandara Husein Sastranegara. Lima rute yang akan dibuka yaitu dari Bandung ke Kualanamu, Pekanbaru, Balikpanan, Denpasar, dan Makassar.

"Memang rute itu secara historikal sebelumnya sudah kami jalankan. Jadi kami re-invite dari yang sebelumnya. Intinya kami sudah siap menerbangkan jet dengan armada tipe Airbus. Dan Sesuai Safe Travel campaign, Cityilink menggunakan protokol sesuai regulasi yang ada," katanya.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara R. Iwan Winaya Mahdar menyampaikan, sejak 2016 pihaknya menggunakan pesawat tipe jet. Namun saat masa awal pandemi, perbangan di Husien hanya dilayani menggunakan pesawat ATR. Terhitung 20 Agustus nanti, operasional penerbangan kembali dibuka dengan pesawat tipe jet di rute-rute tersebut.

"Sejak muncul pandemi covid, kita, Bandara, tidak pernah tutup walaupun dengan trafik kecil. April kita bahkan tidak ada penerbangan sama sekali. Saat 1 Juni kita penerbangan dengan pesawat jenis ATR sampai dengan hari ini," kata Iwan.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, dibukanya penerbangan pesawat jet dari dan ke Bandara Husien Sastranegara sebagai salah satu skenario percepatan pemulihan ekonomi, khususnya sektor transportasi udara.

"Kita juga akan meningkatkan utilisasi penerbangan salah satunya dengan mengalokasi penerbangan jet. Secara umum seluruh angkutan AP II saat ini masih di 35%. Dalam situasi normal utilisasi 70-85%. Harapannya untuk Bandung utilisasi slot ini harus kita dorong. Karena sebelum ada jet, Bandung ini 10-11% utilisasi slotnya," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers