web analytics
  

Nakes Kena Covid-19, Purwakarta Tutup 2 Puskesmas

Sabtu, 15 Agustus 2020 14:42 WIB Dede Nurhasanudin
Umum - Regional, Nakes Kena Covid-19, Purwakarta Tutup 2 Puskesmas, Tenaga Kesehatan,COVID-19,Berita Purwakarta,Berita Jawa Barat

Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Purwakarta menghentikan sementara pelayanan di Puskesmas Pasawahan dan Puskesmas Kota.

Penutupan terpaksa dilakukan menyusul sejumlah tenaga kesehatan di dua puskesmas tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

"Tutup sementara untuk desinfeksi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta Deni Darmawan, Sabtu (15/8/2020).

Ia mengatakan, disinfeksi selama tiga sampai empat hari akan dilakukan di lingkungan puskesmas. Setelah hasil swab semua pegawai keluar, jika dimungkinkan puskesmas kembali dibuka.

"Yang kontak erat dengan yang bersangkutan isolasi selama 14 hari," kata dia.

Sebelumnya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengungkap sejumlah klaster penyebaran di wilayah Purwakarta, di antaranya klaster Wanayasa di Desa Wanasari. Warga yang terdampak akan diberikan bantuan sembako karena harus mengisolasi.

Kemudian ada juga klaster industri di wilayah Kecamatan Jatiluhur dan klaster tenaga kesehatan di Puskesmas Pasawahan dan Puskesmas Kota. Selain itu, ada juga klaster Bungursari.

"Kami mohon warga ringankan pekerjaan dokter dan perawat kita. Karena mereka bekerja 24 jam. Jangan sampai mereka yang sebagai benteng pertahanan kita juga terkena. Nanti siapa yang akan merawat juga mengobati warga yang sakit," ujar Anne.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers