web analytics
  

Biar Aman Bepergian Naik Pesawat saat Pandemi, Simak Ini!

Sabtu, 15 Agustus 2020 12:37 WIB Icheiko Ramadhanty
Gaya Hidup - Wisata, Biar Aman Bepergian Naik Pesawat saat Pandemi, Simak Ini!, wisata,COVID-19,pesawat

Penumpang pesawat di Bandara (Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bepergian di musim krisis pandemi Covid-19 menjadi hal yang dilarang jika tidak ada kebutuhan dan keperluan yang mendesak. Bagi mereka yang harus menggunakan transportasi umum saat pandemi, tentu wajib menerapkan protokol kesehatan.

 

Tidak hanya diwajibkan menaati protokol, namun penumpang juga harus memproteksi diri mereka sendiri ketika memilih kendaraan umum, terlebih menggunakan pesawat terbang. Saat ini, pihak bandara dan maskapai berbondong-bondong membuat aturan terbang di era kenormalan baru.

Hal itu juga menjadi salah satu kunci untuk menarik kembali para penumpang untuk terbang bersama maskapai mereka. Selain itu, ini juga termasuk langkah-langkah untuk mengurangi kemungkinan penyebaran Covid-19. Salah satunya yaitu memastikan adanya jarak sosial di dalam kabin pesawat dan mengurangi hal-hal yang biasanya disentuh oleh penumpang.

Dilansir dari media daring asal Inggris, BBC, berikut tips bepergian dengan pesawat terbang untuk calon penumpang di tengah pandemi Covid-19:

1. Jangan terbang jika punya gejala

Jika Anda memiliki gejala Covid-19 atau merasa mengalami gejala dalam seminggu terakhir, sebaiknya tunda penerbangan Anda. Tidak hanya itu, alangkah baiknya Anda juga menunda perjalanan ketika Anda pernah dikategorikan sebagai ‘suspek’ karena lingkungan tempat tinggal terdapat kasus positif Covid-19 atau pernah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi.

2. Jangan berada di terminal bandara

Jika Anda bukan penumpang, jangan berada di terminal bandara. Jika Anda berniat mengantar sanak saudara ke bandara, alangkah lebih baik jika Anda hanya mengantarkannya sampai pintu bandara saja. Namun, Anda juga harus memperhatikan usia dari orang yang diantar. Anda tidak bisa menurunkan orang dengan usia lansia di sembarang tempat, karena mereka adalah orang yang berpotensi besar terinfeksi virus.

3. Jaga jarak fisik

Aturan jaga jarak fisik tidak hanya berlaku ketika Anda sedang berada di daratan. Aturan itu juga berlaku ketika Anda berada di pesawat dan sedang mengudara.

4. Check-in tiket secara daring

Setiap akan bepergian dengan transportasi umum, tentu Anda diwajibkan untuk melakukan proses check-in tiket terlebih dahulu. Sebelum pandemi, banyak operator transportasi yang menyediakan layanan bebas check-in, baik secara daring maupun datang ke mesin check-in mandiri yang berada di bandara atau stasiun. Namun di kala pandemi ini, sebaiknya Anda melakukan check-in tiket secara daring untuk menghindari tatap muka dengan orang lain.

5. Taruh tas dalam Bagasi check-in

Jika Anda bepergian dengan pesawat, ada dua jenis penyimpanan barang. Pertama yaitu bagasi check-in dan kedua adalah bagasi kabin. Anda dapat menaruh tas atau koper dalam bagasi check-in. Jika bisa, hindari membawa tas genggam yang akan Anda bawa dalam kabin. Selain mempercepat pergerakan naik dan turun pesawat, Anda juga semakin memperkecil kemungkinan penyebaran virus.

6. Membersihkan tangan

Bersihkan tangan Anda setelah menyentuh barang apapun yang juga disentuh orang lain atau kemungkinan disentuh orang lain. Selain itu, kenakan masker dan face shield untuk proteksi diri Anda.

Tips di atas merupakan beberapa proteksi diri dari penyebaran Covid-19 di bandara dan pesawat terbang. Semoga berguna!

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers