web analytics
  

Sering Mimpi Buruk? Cobalah Inkubasi Mimpi!

Jumat, 14 Agustus 2020 13:38 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Sering Mimpi Buruk? Cobalah Inkubasi Mimpi!, tidur,mimpi,mimpi buruk,COVID-19,Kesehatan,Mental,alam bawah sadar

Cobalah inkubasi mimpi apabila Anda sering bermimpi buruk, terutama sejak pandemi Covid-19! (Shutterstock/AstroStar)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM Mimpi adalah “sisa pikiran siang hari”. Apabila sepanjang hari pikiran Anda didominasi stres, kemungkinan besar Anda akan bermimpi buruk di malam hari.

Akibat stres dan mimpi buruk, studi kasus di Australia menunjukkan semakin banyak orang yang tidak bisa tidur lelap. Konsekuensinya, saat mimpi mereka bisa terbangun karena mimpinya buruk atau menyadari mereka sedang bermimpi.

Menyadari Anda sedang bermimpi dinamakan lucid dream.

“Saat stres, kita akan bermimpi lebih intens juga buruk. Di saat yang sama, stres pun dapat membuat kita lebih sadar kalau kita sedang bermimpi,” kata peneliti Fakultas Psikologi Universitas Adelaide, Denholm Aspy.

Menyadari Anda sedang bermimpi merupakan dasar dari lucid dream. Namun, lucid dream merupakan kemampuan yang bisa dilatih.

Semakin ahli dalam lucid dream, Anda bisa membangun dunia mimpi sendiri sehingga Anda mengendalikan 100% isi mimpi.

Di tengah pandemi, bukan tidak lazim apabila Anda mengalami stres, kecemasan, dan ketakutan lainnya. Semua hal tersebut dapat menyebabkan mimpi buruk.

Apabila sering bermimpi buruk, Anda bisa mencoba salah satu metode yang biasa digunakan para pemimpi lucid, “inkubasi mimpi”.

Inkubasi mimpi adalah metode sugesti diri sebelum tidur. Jangan khawatir, Anda tidak perlu ahli lucid dream untuk mencoba metode ini.

“Kira-kira setelah makan malam, jangan memikirkan Covid-19, jangan lihat berita. Pikirkan hal-hal yang ingin Anda impikan saat tidur,” tulis Denholm dalam artikelnya.

Anda juga bisa menonton film petualangan atau membaca novel fiksi sehingga Anda mampu membayangkan dunia yang ingin diimpikan.

Deirdre Barrett, asisten profesor psikologi di Harvard Medical School, mengatakan, inkubasi mimpi dapat mencegah mimpi akibat kecemasan. Karena itu, Anda pergi tidur dengan pola pikir positif.

“Pikirkan mimpi yang diinginkan: orang yang Anda sayang, lokasi liburan favorit, atau bahkan terbang,” katanya.

Apabila Anda jago berimajinasi, imajinasikan apa yang Anda inginkan dengan jelas. Namun, apabila visualisasi sulit didapatkan, simpanlah foto atau objek yang berhubungan dengan topik keinginan di dekat Anda.

Sebelum tidur, amati dan ingat baik-baik barang-barang tersebut. Ulangi pada diri Anda sendiri apa yang ingin diimpikan seraya Anda mulai tertidur.

Teknik ini dapat menenangkan pikiran sebelum tidur. Apabila berhasil, Anda bisa juga memimpikan tepat apa yang sangat diinginkan.

Selamat mencoba! (Farah Tifa Aghnia)

Sumber: Medical News Today
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers