web analytics
  

Ingin Dapat Bantuan Tambahan Modal Usaha? Ini Syaratnya

Jumat, 14 Agustus 2020 17:20 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Ingin Dapat Bantuan Tambahan Modal Usaha? Ini Syaratnya, bantuan modal,UMKM,Dinas Koperasi dan UMKM

Ilustrasi (Pixabay)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah akan memberikan bantuan modal bagi pelaku usaha mikro dan ultra mikro sebesar Rp2.400.000/orang.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Agus Firman mengatakan, bantuan tersebut diberikan kepada pelaku usaha mikro dan ultra mikro yang kesulitan mendapat akses perbankan. Namun terlebih dahulu harus mendaftarkan kepada Dinas Koperasi dan UMKM setempat.

Untuk kabupaten bandung, proses pendaftaran dilakukan secara online sebagai pencegahan terjadinya kerumunan.

"Pendaftaran dilakukan secara online. Formulirnya bisa diisi melalui http://Bit.ly/BIODATAUMKM," tutur Agus, Jumat (14/8/2020).

Secara umum, isian formulir meliputi nama, nama lengkap, dan isian lainnya seperti jenis usaha, nilai aset dan omzet. Juga harus ada SKU (surat keterangan usaha) dari Desa atau kelurahan.

"Untuk usaha mikro asetnya sekitar Rp50 juta, dengan omzet di bawah Rp300 juta. Kami membatasi pengumpulan data ini hingga tanggal 31 Agustus 2020 mendatang. Selanjutnya, data ini akan kami sampaikan ke Kementerian KUKM RI, melalui Dinas KUK (Kredit Usaha Kecil) Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

Bantuan tersebut juga diperuntukan bagi pelaku usaha yang belum pernah mendapat bantuan atau pinjaman dari bank.

"Usaha yang dijalankan juga harus produktif. Memiliki rekening dengan saldo minimal Rp2 juta," tuturnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers