web analytics
  

Uji Klinis Vaksin Covid-19 Akan Dilaksanakan Selama 6 Bulan

Jumat, 14 Agustus 2020 14:59 WIB Fichri Hakiim
Bandung Raya - Bandung, Uji Klinis Vaksin Covid-19 Akan Dilaksanakan Selama 6 Bulan, Uji klinis vaksin Covid-19,Vaksin Covid-19,Kesehatan,Bandung Hari Ini

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita meninjau lokasi uji klinis vaksin Covid-19 di  Puskesmas Garuda, Jalan Dadali No 81, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jumat (14/8/2020). (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

ANDIR, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita meninjau lokasi uji klinis vaksin Covid-19 di  Puskesmas Garuda, Jalan Dadali No 81, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jumat (14/8/2020).

Rita menjelaskan, uji klinis vaksin tersebut akan dilaksanakan dalam kurun waktu 6 bulan ke depan. Jika vaksin efektif, vaksinasi akan dilanjutkan hingga tahun depan.

"Targetnya hingga 6 bulan ke depan. Jika kedepannya lancar,  maka tahun depan akan dilanjutkan," ujar Rita.

Rita menambahkan, pihaknya akan fokus pada 4 fasilitas kesehatan milik Pemerintah Kota Bandung yang dilibatkan dalam uji klinis calon vaksin Covid-19.

"Sebanyak 4 faskes tersebut adalah Puskesmas Garuda, Puskesmas Sukapakir, Puskesmas Dago dan Puskesmas Ciumbuleuit," ujarnya.

Sementara itu, Yana menjelaskan, relawan harus dalam kondisi sehat. "Jadi awalnya relawan dites dulu dan diperiksa fisik, kemudian disuntik. Prosedurnya jelas dan sejauh ini lancar," katanya. 

"Untuk hari ini di Puskesmas Garuda sebanyak 20 orang sudah disuntik. Kemudian, total relawan yang mendaftar di sini (Puskesmas Garuda) sebanyak 360 orang," ujar Yana di Puskesmas Garuda.

Menghindari hal yang tidak diinginkan, setelah disuntik, relawan dipindahkan ke ruang observasi dan akan dipantau untuk melihat hasilnya. "Setelah disuntik, relawan dilihat reaksinya selama satu menit, kamudian dipindahkan ke ruang observasi," kata Yana.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers