web analytics
  

45 Warga di Satu Kampung Lumpuh Diserang Cikungunya

Jumat, 14 Agustus 2020 14:31 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Regional, 45 Warga di Satu Kampung Lumpuh Diserang Cikungunya, Cikungunya,Lumpuh,Warungkondang,Cianjur

Warga bersama anggota Polsek Warungkondang, Koramil, dan petugas Puskesmas kerja bakti membersihkan lingkungan antisipasi Cikungunya meluas. (Ayobandung.com/M Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Sebanyak 45 warga Kampung Cilumping, Desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, mengalami kelumpuhan akibat terserang penyakit Cikungunya sepekan ini.

Kepala Puskesmas Warungkondang dr Cecep Willy Budiman mengatakan, telah terjadi wabah cikungunya yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti di Desa Sukamulya.

"Telah terjadi wabah cikunguya, penyebabnya dari nyamuk Aedes Aegypti. Cikungunya lebih menyerang kaki disertai gejala panas. Rata-rata masyarakat yang terkena (cikungunya) tidak bisa jalan," kata Cecep kepada Ayobandung.com saat dihubungi melalui telepon, Jumat (14/8/2020).

"Penyebabnya nyamuk dan lingkungan. Kita pantau air di sini tidak ngalir. Kita teteskan obat abate dan besok kita fogging untuk menghilangkan jentik nyamuk," kata Willy.

Sebanyak 45 orang warga terjangkit cikungunya dan pasien sudah diobati sehingga tidak ada yang sampai dirujuk. Willy menambahkan, wabah cikungunya tersebut sudah berlangsung selama 7 hari. 

"Sementara hanya di Desa Sukamulya, kemarin Juni tidak ada kejadian, Juli-Agustus ada kejadian, masuk KLB (Kejadian Luar Biasa)," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sulamulya Iman Nurjaman membenarkan adanya warga yang terserang penyakit cikungunya yang dampaknya terjadi kelumpuhan pada tubuh, tangan, dan kaki.

“Sejumlah warga mengalami gejala demam tinggi, lalu disertai rasa nyeri di seluruh persendian dan bintik-bintik merah di kulit. Selanjutnya bagian tubuh lain, seperti kaki dan tangan sulit digerakkan atau mengalami kelumpuhan,” ujar Iman.

Jumat ini, bersama Babinkantibmas, Babinsa, Puskesmas, dan warga kerja bakti membersihkan lingkungan.

"Atas kehendak bersama, kami kerja bakti  seperti membersihkan selokan dari sampah yang menyumbat, rencananya nanti hari Sabtu akan dilakukan fogging," katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers