web analytics
  

Pidato Kenegaraan, Jokowi Sebut Pelayanan Kesehatan jadi Prioritas

Jumat, 14 Agustus 2020 11:37 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Nasional, Pidato Kenegaraan, Jokowi Sebut Pelayanan Kesehatan jadi Prioritas, Pidato Kenegaraan,Jokowi,Pelayanan Kesehatan,Sidang Paripurna DPRD Jawa Barat

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka menyambut HUT ke-75 RI dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) pagi. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka menyambut HUT ke-75 RI dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) pagi. Pada sidang yang juga disiarkan langsung pada Sidang Paripurna DPRD Jawa Barat ini, presiden menyinggung soal prioritas Indonesia di tengah pandemi Covid-19

Dia mengatakan, peningkatan mutu sektor kesehatan seperti penguatan SDM hingga pengembangan rumah sakit harus menjadi hal yang diperhatikan saat ini. Hal ini bercermin dari kondisi negara selama menghadapi pandemi Covid-19.

"Orientasi pada pencegahan penyakit dan pola hidup sehat harus diutamakan. Penguatan kapasitas SDM, pengembangan rumah sakit dan balai kesehatan serta industri obat dan alat kesehatan harus diprioritaskan," ungkapnya.

Dia juga menyebutkan, kapasitas pelayanan kesehatan di berbagai daerah di Indonesia harus ditingkatkan. Pasalnya, hal ini merupakan salah satu aspek yang krusial dalam menghadapi pandemi, tak terkecuali ketahanan pangan.

"Ketahanan dan kapasitas pelayanan kesehatan harus kita tingkatkan besar-besaran. Demikian pula ketahanan pangan, dengan menjamin kelancaran rantai pasokan makanan dari hulu sampai hilir ke seluruh wilayah negeri," paparnya.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para dokter dan seluruh tenaga kesehatan yang hingga saat ini masih berjuang melawan Covid-19.

"Atas nama rakyat bangsa dan negara, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya untuk para dokter, perawat, dan seluruh petugas di rumah sakit, di lab, klinik-klinik kesehatan dan di rumah isolasi," ungkapnya.

"Kepada para relawan, media, TNI-Polri, ASN pusat dan daerah, dengan pandemi ini maka reformasi fundamental di sektor kesehatan harus dipercepat," katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers