web analytics
  

8 Film Klasik yang Bisa Menghiburmu ketika Karantina

Jumat, 14 Agustus 2020 11:28 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Unik, 8 Film Klasik yang Bisa Menghiburmu ketika Karantina, Film,Rekomendasi Film,film klasik,Spartacus,Citizen Kane,Some Like It Hot,The Great Escape,Roman Holiday,The Kid,Singin 'In The Rain,Tokyo Story

Walaupun sudah berumur puluhan hingga ratusan tahun, film-film klasik berikut ini masih layak untuk kamu tonton, menghiburmu dari kejenuhan karantina yang entah kapan berakhir. (Cuplikan film Some Like It Hot)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kamu mungkin sedang punya banyak waktu luang namun bingung kegiatan apa yang bisa dilakukan. Jika iya, kamu bisa mempertimbangkan untuk menonton film klasik.

Terutama bagi kamu yang menyukai film komedi klasik, musikal ikonik, drama keluarga, atau historikal, berikut daftar film klasik yang bisa kamu tonton sambil memakan popcorn dan bersantai di sofa bersama teman dan sanak saudara, dilansir dari BBC.

Spartacus (1960)

Epik historis milik Stanley Kubrick ini dibintangi Kirk Douglas yang berperan sebagai budak yang memimpin pemberontakan melawan Romawi yang brutal. Dengan durasi tiga jam 18 menit, kamu akan melihat beberapa nama terkenal Hollywood, termasuk Sir Laurence Olivier, Peter Ustinov, dan Jean Simmons.

Terlepas dari 4 kemenangan Oscar dan kesuksesan yang besar, saat ini film tersebut mungkin paling terkenal karena kalimat yang banyak diparodikan "I am Spartacus".

Citizen Kane (1941)

Dideskripsikan sebagai 'Film Terbesar yang Pernah Dibuat', film ini mengisahkan Citizen Kane yang mengikuti seorang reporter yang mencoba melepaskan kehidupan taipan yang baru saja meninggal untuk memahami kata terakhirnya: 'Rosebud'.

Melalui serangkaian kilas balik dari orang-orang yang mengenalnya, film tersebut perlahan-lahan menyatukan gambaran tentang permasalahan yang ada. Disutradarai, diproduksi, dan dibintangi oleh Orson Welles yang berusia 25 tahun, Citizen Kane telah dipuji karena cara bercerita yang inovatif, skrip yang cerdas, dan pencampuran genre.

Some Like It Hot (1959)

Komedi kartun cerdas yang dibintangi Tony Curtis, Jack Lemmon, dan Marilyn Monroe ini adalah tontonan yang menyenangkan. Film ini mengeksplorasi ide-ide seputar gender, identitas, dan hubungan asmara.

Menceritakan dua musisi yang baru saja menyaksikan pembunuhan mafia dan mencoba melarikan diri dengan menyamar sebagai bagian dari band jazz yang semuanya perempuan. Keadaan menjadi rumit ketika salah satu dari mereka jatuh cinta pada penyanyi grup dan pemain ukulele, sementara yang lain dikejar oleh seorang jutawan laki-laki.

The Great Escape (1963)

Berdasarkan peristiwa nyata, The Great Escape menceritakan kisah sekelompok tahanan sekutu yang berusaha melarikan diri dari penjara Nazi selama Perang Dunia II. Para pria tersebut menggali terowongan untuk melarikan diri dari kamp dan memimpin Gestapo dalam perburuan di seluruh Eropa.

Dibintangi oleh Steve McQueen, film ini terkenal dengan adegan pengejaran menggunakan sepeda motor. Terlepas dari kebrutalan para penjaga dan kesia-siaan dari upaya pelarian, film ini memuji kekuatan jiwa manusia dalam menghadapi kesulitan yang luar biasa.

Roman Holiday (1953)

Roman Holiday adalah rom-com klasik dan merupakan debut film AS pertama Audrey Hepburn. Lewat film ini, dia memenangkan Oscar. Hepburn berperan sebagai Anya, seorang putri dalam pelarian dari para pengawasnya, yang berakhir di apartemen reporter berita Joe setelah dia tertidur di bangku taman dan membawanya masuk.

Mereka menghabiskan hari berkeliling Roma bersama-sama, sementara Joe sedang meliput berita tentang pelarian kerajaan untuk membantunya mempertahankan pekerjaannya. Tetapi saat keduanya mulai jatuh cinta, Joe harus memutuskan apa yang benar-benar penting baginya.

The Kid (1921)

Mungkin usianya hampir 100 tahun, tapi akting Charlie Chaplin dan The Kid masih memiliki kekuatan untuk menyenangkan penonton hingga hari ini.

Film komedi bisu ini menampilkan alter ego Chaplin yang terkenal, The Tramp, kali ini diikuti oleh The Kid, seorang anak yatim piatu yang dirawatnya secara sembarangan sejak dia menemukannya di jalan.

Keduanya membuat duet yang menghibur dan menawan, bertahan hidup melalui penipuan skala kecil. Saat ibu anak laki-laki itu muncul kembali dan kebersamaan mereka terancam, kamu mungkin sangat ingin keduanya tetap bersama.

Singin 'In The Rain (1952)

Sebuah komedi musikal satir, film ini mengikuti pasangan Hollywood Don Lockwood dan Lina Lamont saat mereka bertransisi dari film bisu. Mereka mengalami masalah ketika suara Lina yang bernada tinggi tidak akan memenangkan hati pemirsa, dan dialog serta lagunya disulihsuarakan oleh aktris lain, yang membuat Don langsung jatuh cinta.

Film ini layak ditonton jika kamu ingin melihat adegan film ini yang paling terkenal, di mana Gene Kelly bernyanyi dan menari dengan payung di jalanan ketika hujan.

Tokyo Story (1953)

Mahakarya asal Jepang ini telah terpilih sebagai 'Film Terbesar Sepanjang Masa' dalam jajak pendapat sutradara. Film Yasujirô Ozu ini, mengisahkan pasangan lansia yang melakukan perjalanan ke kota untuk mengunjungi anak-anak mereka yang sudah dewasa. Sayangnya anak-anak tersebut terlalu sibuk dengan kehidupan mereka sendiri sehingga tidak terlalu memperhatikan orang tuanya.

Hanya putra mereka yang benar-benar berusaha untuk menghabiskan waktu bersama. Lucu dan tragis, film ini mengeksplorasi ikatan keluarga dan benturan budaya antara kehidupan modern dan nilai-nilai tradisional. Drama mengharukan ini bernuansa sederhana tetapi tetap menarik. (Fariza Rizky Ananda)

Sumber: BBC
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers