web analytics
  

5 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Lewat Tanggal Kedaluwarsa

Jumat, 14 Agustus 2020 03:00 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, 5 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Lewat Tanggal Kedaluwarsa, Makanan,Kedaluwarsa,Kesehatan

Kamu pasti selalu melihat tanggal kedaluwarsa sebelum membeli makanan. Tapi ternyata, tanggal tersebut tidak selalu menentukan basi atau tidaknya makanan jika kamu simpan dengan cara tertentu. (Unsplash/Daria Volkova)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah kesalahpahaman umum bahwa tanggal yang dicetak pada makanan kemasan adalah batas waktu yang pasti kapan kamu harus membuangnya.

Pada kenyataannya tidak demikian. Contohnya, satu-satunya item di AS dengan tanggal kedaluwarsa yang diatur oleh pemerintah federal hanya susu formula. Itulah sebabnya tanggal “baik digunakan sebelum” atau “best before” lebih merupakan pedoman daripada aturan.

Seperti yang dijelaskan Paul VanLandingham, anggota Pusat Manajemen Makanan dan Minuman Universitas Johnson & Wales, tanggal tersebut merujuk pada kualitas makanan daripada keamanan makanan.

Meskipun ditujukan untuk menentukan berapa lama toko harus menampilkan produk untuk memastikan tingkat kualitas tertinggi, pedoman kedaluwarsa tersebut juga mengacu pada berapa lama konsumen harus menyimpan produk sebelum kehilangan rasa atau penurunan kualitas.

Oleh karena itu, berikut 5 jenis makanan yang kamu bisa abaikan tanggal kedaluwarsanya, dilansir dari Insider.

Pasta yang disimpan dalam kotak kering bisa bertahan hingga satu hingga dua tahun setelah tanggal kadaluwarsa.

Menurut FoodSafety.gov, sumber makanan dari Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan AS, pasta kering dapat disimpan selama satu hingga dua tahun setelah tanggal kedaluwarsa yang tercetak.

Pasta segar yang belum dimasak, biasa kamu temukan di bagian berpendingin di supermarket, hanya bisa digunakan selama empat hingga lima hari setelah tanggal yang dicetak pada kemasan. Saat dibekukan, biasanya akan bertahan selama enam hingga delapan bulan.

Umumnya pasta matang, baik kering maupun segar, bisa disimpan selama tujuh hari di lemari es. Di dalam freezer, biasanya akan tetap segar selama enam hingga delapan bulan.

Ketika belum dibuka, sereal bisa bertahan enam hingga delapan bulan setelah tanggal yang tertera.

Jika dibuka, sereal favorit kamu biasanya akan tetap segar antara empat dan enam bulan. Sebaliknya, sereal yang dimasak seperti oatmeal hanya bisa disimpan selama empat hingga lima hari di lemari es setelah disiapkan.

"Sereal tidak terlalu buruk. Tidak banyak masalah kualitas. Jika kamu membiarkan kotak sereal terbuka, kotak itu bisa basi, tetapi kamu tidak akan sakit karenanya," ujar Emily Broad Leib, direktur Harvard Food Law & Policy Clinic, kepada majalah TIME.

Telur bisa digunakan dalam waktu tiga hingga lima minggu setelah kamu beli.

Ada banyak cara untuk memeriksa apakah telur sudah busuk, tetapi umumnya semakin segar telur semakin enak rasanya.

"Dalam hal kesegaran, perusahaan bisa mencantumkan tanggal 'baik digunakan sebelum' di kartonnya. Tidak ada aturan tentang itu. Tanggal tersebut merupakan indikator kesegaran yang baik," Kevin Murphy, pakar keamanan dan sanitasi pangan dan ketua layanan perhotelan di Rosen College of Hospitality Management di Universitas Florida Tengah

Tidak peduli tanggal berapa yang tercetak di karton, telur sering kali aman digunakan dalam waktu tiga hingga lima minggu setelah kamu membelinya. Telur rebus disimpan hingga seminggu di lemari es.

Daging dan unggas mentah tahan lama melewati tanggal penjualannya jika dibekukan.

Meskipun daging mentah dan unggas hanya akan disimpan selama beberapa hari di lemari es, barang-barang ini dapat disimpan melewati tanggal jika kamu membekukannya.

Menurut FoodSafety.gov, daging giling beku akan bertahan tiga hingga empat bulan, dan ayam utuh atau kalkun dapat dibekukan selama lebih dari satu tahun.

"Bakteri makanan yang beracun tidak tumbuh di dalam freezer, jadi tidak peduli berapa lama makanan dibekukan, itu aman untuk dimakan. Makanan yang telah disimpan di dalam freezer selama berbulan-bulan mungkin akan kering atau tidak terasa enak, tetapi akan tetap aman untuk dimakan," menurut laporan Departemen Pertanian AS.

Ikan mentah juga bertahan lebih lama di dalam freezer.

Menurut Eat By Date, ikan mentah bisa bertahan lebih lama, antara enam dan sembilan bulan jika kamu membekukannya.

Ikan asap dapat bertahan selama tiga hingga enam bulan di dalam freezer, dan ikan beku biasa akan bertahan selama 10 hingga 12 bulan jika tidak mencair.

Selain itu, ikan kaleng yang belum dibuka, seperti tuna, dapat disimpan antara dua hingga lima tahun setelah tanggal cetaknya. (Fariza Rizky Ananda)

Sumber: Insider
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers