web analytics
  

Cara Pakai dan Cuci Masker Kain yang Benar Ala Kemenkes

Kamis, 13 Agustus 2020 22:59 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Cara Pakai dan Cuci Masker Kain yang Benar Ala Kemenkes, Cara Pakai Masker Yang Benar,Cuci Masker Kain,Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Masker Kain. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Kesehatan mengampanyekan cara penggunaan masker yang benar mulai dari pemilihan, pemakaian, cara melepaskan, hingga cara mencuci dengan benar agar masker dengan aman bisa digunakan kembali.

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Riskiyana Sukandhi Putra dalam keterangannya menjelaskan pemilihan masker untuk masyarakat sebaiknya menggunakan masker kain yang bisa dicuci kembali atau masker medis sekali pakai bagi mereka yang sakit.

Penggunaan masker N95 sangat tidak disarankan karena masker tersebut diperuntukkan bagi tenaga medis yang melakukan kontak langsung dengan pasien. Masker medis biasanya juga digunakan oleh tenaga medis yang tidak kontak langsung dengan pasien atau bisa juga dipakai untuk orang yang sakit.

"Kalau sudah merasa sakit seperti influenza, pilek, batuk, segera pakai masker medis walaupun belum terbukti positif Covid-19. Jangan tunggu sampai positif dulu baru pakai," kata Riski, Kamis (13/8/2020).

Sementara bagi masyarakat umum gunakanlah masker kain yang memiliki tiga lapisan. Lebih baik lagi apabila di bagian dalam masker terdapat kantung yang bisa untuk menambahkan bahan tambahan untuk penyaring udara.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers