web analytics
  

Ini Alasan KPU Tolak Berkas Lili Muslihat-Wida Hendrawati

Kamis, 13 Agustus 2020 19:56 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Ini Alasan KPU Tolak Berkas Lili Muslihat-Wida Hendrawati, KPU Kabupaten Bandung,Lili Muslihat-Wida Hendrawati

Logo KPU. (Istimewa)

SOREANG,AYOBANDUNG.COM -- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung memberikan alasan penolakan berkas dukungan pasangan Lili Muslihat-Wida Hendrawati yang berniat mencalonkan diri sebagai pasangan bupati dan wakil bupati bandung dari jalur perseorangan.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan, pasangan tersebut tidak bisa memberikan bukti dukungan sampai batas waktu penyerahan dokumen, sehingga dianggap gugur secara hukum.

"Memang ada perubahan tahapan penyerahan dukungan karena ada pandemi. Tapi itu penyerhan berkas dukungan dari KPU kepada PPS untuk proses verifikasi, bukan dari bakal pasangan calon perseorangan kepada KPU Kabupaten Bandung," tutur Agus, Kamis (13/8/2020).

Adapun jadwal penyerahan berkas dukungan dari bakal pasangan calon perseorangan, telah ditutup oleh KPU. Hingga penutupan 23 februari pukul 24.00 WIB, pasangan Lili Muslihat-Wida Hendrawati tidak bisa membuktikannya. Namun, bebeberapa waktu lalu, pasangan tersebut membawa berkas dukungannya dan berasumsi sendiri kalau jadwal penyerahan dukungan berubah.

"Kami tidak menolak Lili Muslihat, hanya menolak berkas dukungannya, karena sudah melewati batas waktu sesuai dengan jadwal," ujarnya.

Agus mengakui jika pasangan Lili Muslihat-Wida Hendrawati melakukan gugatan kepada Bawaslu dan dinyatakan menang. Namun materi yang digugat adalah formulir BA.1KWK yang artinya berita acara hasil perhitungan.

Karena pasangan tersebut tidak bisa menunjukan berkas dukungan hingga tenggat waktu yang ditetapkan, seharusnya KPU tidak membuat berita acara BA.1KWK karena sama sekali tidak menghitung jumlah dukungan.

"Bawaslu saja mengatakan jangankan diterima, menyerahkan saja tidak ada prosesnya, sampai-sampai KPU menggunakan format BA1 saja diminta ganti oleh Bawaslu menggunakan format penutupan tahapan penyerahan berkas pasangan calon," katanya.

Agus juga menegaskan bahwa tidak ada satupun putusan Bawaslu yang menyatakan bahwa KPU harus bisa menerima pasangan Lili Muslihat-Wida Hendrawati untuk menjadi pasangan calon, bahkan tidak ada satupun putusan yang menyatakan bahwa KPU harus menerima kembali berkas dukungan pasangan tersebut.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers