web analytics
  

Bantuan Subsidi Gaji dan Usaha Mikro Ditargetkan Cair Bulan Ini

Kamis, 13 Agustus 2020 15:33 WIB
Umum - Nasional, Bantuan Subsidi Gaji dan Usaha Mikro Ditargetkan Cair Bulan Ini, Bantuan corona,gaji di bawah 5 juta,Menteri BUMN Erick Thohir,bantuan Usaha Mikro

Menteri BUMN Erick Thohir. (Wahyu Putro A/Antara)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir mengatakan, pemerintah memberikan dua percepatan program yang diyakini bermanfaat untuk masyarakat yang terdampak pandemi. Ditargetkan, seluruhnya akan cair pada bulan ini sehingga dapat segera dimanfaatkan penerima.

Pertama, program subsidi gaji yang jumlahnya ditingkatkan dari 13,8 juta yang akan mendapatkan menjadi 15,7 juta orang. Erick menyebut program ini mendapatkan respons yang baik, karena sudah ada 7 juta pendaftar. Data tersebut berasal dari BPJS Ketenagakerjaan yang disinkronisasi dengan data Kementerian Ketenagakerjaan.

"Insyaallah ini akan didistribusikan akhir bulan, tinggal tunggu arahan bapak presiden," ujar saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020).

Erick menyampaikan bantuan yang diberikan kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta akan membantu para buruh yang juga terdampak pandemi.

"Kalau kita bicara Rp5 juta ke bawah, alhamdulillah buruh-buruh sekarang dapat juga yang selama ini mempertanyakan kebijakan atau kepentingan pemerintah kepada buruh, hari ini dilaksanakan banyak sekali buruh terbantu dengan program ini," kata Erick. 

Selain itu, ucap Erick, pemerintah meluncurkan bantuan produktif untuk 12 juta usaha mikro. Tahap awal akan diberikan kepada 9,1 juta usaha mikro dengan nilai Rp2,4 juta per usaha mikro.

"Ini juga akan diluncurkan bulan ini," ungkap Erick. 

Erick menambahkan, pemerintah tengah mematangkan skema bantuan subsidi pulsa kepada para dosen, guru, mahasiswa, dan murid. Hal ini masih dalam pembahasan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemenkominfo, dan juga Kemenkeu. 

"Saya tidak akan menyampaikan sebelum ini disepakati bersama-sama karena komite ini tidak memegang uang dan programnya, tapi kita memastikan percepatan dukungan dan sinkronisasi," kata Erick.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers