web analytics
  

Upacara Hari Kemerdekaan di Lapangan Gasibu Ditiadakan

Kamis, 13 Agustus 2020 12:10 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Regional, Upacara Hari Kemerdekaan di Lapangan Gasibu Ditiadakan, Upacara Hari Kemerdekaan,17 Agustus,Pandemi Covid-19,Upacara 17 Agustus,Lapangan Gasibu

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Jabar Hermansyah (Ayobandung.com/Nur Khansa)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Tahun ini, perayaan HUT RI baik di tingkat nasional maupun daerah akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Rangkaian peringatan mulai dari upacara bendera mengalami penyesuaian demi mengindahkan protokol kesehatan.

Tak terkecuali peringatan HUT RI di Jawa Barat. Bila biasanya setiap 17 Agustus diselenggarakan upacara pengibaran bendera di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, kini kegiatan tersebut harus ditiadakan.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Jabar Hermansyah mengatakan, sebagai gantinya, upacara pengibaran bendera akan dilakukan di halaman Gedung Sate. Itupun dengan jumlah personil yang sangat terbatas.

"Pada 187 Agustus ada pelaksanaan pengibaran bendera. Biasanya di Gasibu, sekarang di halaman Gedung Sate dengan jumlah orang terbatas," ungkapnya dalam konferensi pers daring yang disiarkan dari Lapangan Saparua, Kamis (13/8/2020).

Dalam upacara pengibaran bendera tersebut, tamu yang hadir meliputi Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar beserta istri, juga jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sekretaris daerah bersama istri. Jumlahnya hanya sekitar 20 orang, ditambah 3 orang petugas pengibar bendera dan 25 orang pasukan TNI, Polri dan ASN.

"Peserta yang lainnya mengikuti (upacara) secara virtual. Yang masih WFH dari rumah, yang di kantor juga ikut secara virtual dengan pakaian sipil lengkap. Sehingga bisa sama-sama hikmat mengikuti upacara dan detik-detik proklamasi," ungkapnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk bisa turut ikut mengambil sikap sempurna pada sekitar pukul 10.00 WIB untuk memperingati detik-detik proklamasi. Nantinya akan ada suara sirine yang dibunyikan.

"Pada saat detik-detik proklamasi kita bisa bersikap sempurna sekitar pukul 10. Berhenti lakukan aktivitas-aktivitas lain selain berdiri dengan sikap sempurna," ungkapnya.

Pada 19 Agustus, Jabar juga akan kembali menggelar upacara dan rangkaian peringatan HUT Jabar ke-75. Protokol yang diterapkan serupa dengan yang akan dijalankan pada HUT RI ke-75.

"Tanggal 19 juga sekaligus peringatan 100 tahun Gedung Sate. Ada peluncuran sampul pertama perangko 100 tahun Gedung Sate yang didesain oleh Pak Ridwan Kamil," ungkapnya.
 

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers