web analytics
  

Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Bantu Kurangi Bekas Jerawat

Kamis, 13 Agustus 2020 08:10 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Bantu Kurangi Bekas Jerawat, bekas jerawat,Kesehatan,labu,Kale,Lemon,Ubi Jalar,Pepaya,Kembang kol,quinoa

Lemon dipercaya bisa membantu mengurangi bekas jerawat. (Pixabay/Jill Wellington)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah makanan diyakini mampu membantu mengurangi bekas jerawat.

Karena beberapa faktor, jerawat bisa merusak kulit dan jaringan di bawahnya. Hal ini kemudian memunculkan bekas jerawat yang bisa mengganggu penampilan.

Banyak cara dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat, mulai dari menggunakan ramuan alami, hingga melakukan berbagai perawatan di klinik kecantikan. Jika tak berhasil juga, make-up jadi senjata pamungkas untuk menutupi bekas jerawat.

Namun ternyata, beberapa makanan bisa membantu mengurangi bekas jerawat, lho. Dilansir dari Bright Side, ini dia beberapa jenis makanan bergizi yang dapat membantu mengembalikan kemulusan kulit Anda.

1. Labu

Labu adalah sumber niasin, folat, vitamin A dan B, dan seng.

Kegunaan: Niacin dan folat berfungsi meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan pembaruan sel, dan bermanfaat dalam mengobati jerawat. Biji labu mengandung seng, yang membantu mengontrol kadar hormon dan produksi minyak serta membantu penyembuhan kulit. Sedangkan vitamin A membantu meminimalkan bekas jerawat.

2. Kale

Kale kaya akan vitamin C dan K, serta merupakan sumber tembaga dan zat besi yang baik.

Kegunaan: Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam kale mengurangi hiperpigmentasi dan membantu meratakan warna kulit. Vitamin K bekerja untuk mengurangi flek hitam pada kulit. Sedangkan zat besi mempercepat penyembuhan luka atau bekas luka, termasuk bekas jerawat dan noda.

3. Lemon

Jus lemon adalah astringent alami. Ini mengencangkan kulit yang kendur dan melawan noda.

Kegunaan: Kulit lemon mengandung flavonoid yang memiliki efek perlindungan dan anticarcinogenic pada kulit. Memulai hari Anda dengan meminum segelas air hangat dengan perasan lemon, atau menggunakannya sebagai saus salad, dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

4. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung retinol dan beta-karoten.

Kegunaan: Tubuh Anda mengubah beta-karoten menjadi vitamin A. Vitamin ini bekerja sebagai pelindung kulit terhadap perubahan warna, peradangan, dan pori-pori yang tersumbat, yang sering kali disebabkan oleh radikal bebas. Retinol adalah bahan utama dalam banyak produk kecantikan karena melawan hiperpigmentasi, jerawat, garis halus, dan jaringan parut. Alih-alih membeli krim mahal, Anda bisa menikmati retinol asli dengan menambahkan ubi ke dalam makanan Anda.

5. Pepaya

Pepaya kaya akan enzim pencernaan yang disebut papain.

Kegunaan: Papain membantu mengelupas sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, dan memudarkan bekas jerawat. Ini juga membuat kulit Anda terhidrasi dan mencegah berjerawat di masa depan.

6. Kembang kol

Kembang kol adalah sumber vitamin C dan asam amino kuat yang disebut histidin.

Kegunaan: Histidin melindungi kulit Anda dari sinar UV berbahaya yang dapat memperburuk bintik hitam yang sudah ada. Vitamin C melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, membantu tubuh Anda menyerap zat besi, dan menyembuhkan luka dan bekas luka.

7. Quinoa

Quinoa mengandung vitamin B3.

Kegunaan: Vitamin B3, juga dikenal sebagai niacinamide, membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan meradang akibat jerawat, rosacea, dan bahkan eksim. Ecdysteroids, mineral yang ditemukan di quinoa, membantu menghilangkan bekas luka yang muncul karena jerawat. Ini memperbaiki kulit dan meminimalkan iritasi.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers