web analytics
  

Makan Ikan Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2, Benarkah?

Kamis, 13 Agustus 2020 08:03 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Makan Ikan Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2, Benarkah?, diabetes,gaya hidup sehat,ikan,Vitamin D,gula darah tinggi,Kadar gula darah

Ada beberapa makanan yang disebut mampu mengurangi risiko penyakit dan komplikasi diabetes tipe 2, salah satunya ikan. (Pixabay/Wow Phochiangrak)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Selain masalah genetik, diabetes berkaitan erat dengan gaya hidup sehat, khususnya pola makan. Ada beberapa makanan yang disebut mampu mengurangi risiko penyakit dan komplikasi diabetes tipe 2, salah satunya ikan.

Melansir dari Express, makan ikan bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2. Menurut Diabetes, sebuah laman kesehatan di Inggris, ikan merupakan asupan yang kaya akan vitamin D, khususnya ikan berlemak.

Vitamin D sendiri dikenal melindungi kulit, mata, dan sistem saraf yang rentan terhadap kerusakan akibat gula darah tinggi.

Ikan direkomendasikan karena tinggi protein dan banyaknya lemak tak jenuh yang meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi tingkat kolesterol jahat.

Ikan juga banyak mengandung vitamin D dan vitamin B2. Vitamin B2 membuat tulang Anda sehat, yang baik untuk penderita diabetes, yang tulangnya bisa rusak akibat kadar glukosa darah tinggi.

Pada dasarnya diabetes tipe 2 sendiri disebabkan tubuh yang tidak memproduksi cukup hormon insulin atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

Dalam hal ini, sebuah uji coba terkontrol acak kecil yang diterbitkan pada September 2019 di European Journal of Endocrinology menemukan suplementasi vitamin D selama enam bulan meningkatkan sensitivitas dan produksi insulin pada 96 peserta yang berisiko tinggi atau baru didiagnosis dengan diabetes tipe 2.

Melansir dari Everyday Health, temuan menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu menunda diabetes tipe 2. Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan pada September 2019 dalam jurnal Current Diabetes Reports, suplemen vitamin D juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Selain itu, sel-sel pankreas pada orang dengan orang diabetes tipe 2 tidak bekerja dengan baik dan berjuang untuk menghasilkan insulin yang cukup untuk membantu mengendalikan kadar gula darah.

Sementara itu reseptor pankreas dapat hidup ketika seseorang memiliki kadar vitami D yang cukup.

"Reseptor spesifik di pankreas hanya dapat hidup ketika vitamin D yang cukup tersedia. Pemikirannya adalah vitamin D dapat mendukung fungsi pankreas," kata Shahzadi Devje, RD, CDE, profesional nutrisionis terlisensi dari Toronto, Kanada seperti yang dikutip dari Everyday Health.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers