web analytics
  

Sajian Teh Berikut Ini Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Kamis, 13 Agustus 2020 00:50 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Sajian Teh Berikut Ini Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur, teh,Gangguan Tidur,Kesehatan

Selain obat penenang atau obat tidur, kamu bisa mencoba beberapa minuman teh berikut yang bisa membantu atasi gejala kecemasan dan memperbaiki kualitas tidur secara alami. (Unsplash.com/Joanna Kosinska)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kopi dan cokelat mengandung kafein yang dapat membuat seseorang terjaga kala malam. Jika ingin cepat dan memperbaiki kualitas tidur, kamu harus menghindari keduanya.

Setidaknya ada dua aturan yang berlaku untuk memastikan kualitas tidur. Pertama, berhenti makan dan minum setidaknya dua jam sebelum tidur agar kamu tidak kebelet dan mulas sepanjang malam.

Kedua, hindari kafein setelah pukul 14.00 dan minuman beralkohol pada malam hari. Hal itu dapat mengganggu tahapan tidur yang lebih parah, menurut Dr Raj Dasgupta, dokter paru dan tidur dan asisten profesor kedokteran klinis di Keck School of Medicine, University of Southern California.

Namun ternyata, ada beberapa minuman yang bisa membantu kamu cepat mengantuk. Makanan dan minuman yang mengandung mineral tertentu, seperti herbal terapeutik dan triptofan--asam amino esensial--dapat membantu produksi serotonin dan melatonin tubuh.

"Itu adalah hormon penting untuk mengatur tidur kamu," kata Dr Matthew Schmitt, dokter pengobatan tidur di Piedmont Healthcare Georgia, kepada CNN.

Namun jika kamu mengalami kesulitan tidur, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Untuk membantu perbaikan kualitas tidur yang kamu butuhkan, berikut beberapa sajian teh yang menenangkan, dilansir dari CNN.

Teh chamomile

Teh chamomile adalah obat penenang dan alat bantu tidur yang secara tradisional digunakan di berbagai daerah bagian Iran.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan, ekstrak chamomile meningkatkan kualitas tidur orang dewasa tua dan kinerja harian mereka dibandingkan dengan mereka yang menerima placebo (obat tidur/penenang).

"Teh ini penuh dengan kandungan antioksidan, meningkatkan ketenangan, dan dapat mengurangi kecemasan," kata Schmitt.

Teh ashwagandha

Ashwagandha, ramuan yang dihormati dari pengobatan alternatif ayurveda India, secara tradisional telah digunakan untuk menenangkan saraf. Teh ini bekerja dengan meniru fungsi asam gamma-aminobutyric, neurotransmitter yang menghambat respons rasa gelisah atau adrenalin berlebih.

"Saat kamu mengaktifkan reseptor ini, hal tersebut dapat membuatmu mengantuk," ujar Dasgupta. Ashwagandha ini dapat membantu tubuh beristirahat dan siap untuk tidur, serta meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

Teh akar valerian

Berasal dari Eropa dan Asia, valerian adalah tanaman yang digunakan untuk mengobati gejala insomnia, kecemasan, depresi, dan gejala menopause.

Sebagian besar manfaatnya telah meringankan insomnia dan meningkatkan kualitas tidur wanita menopause. Hampir sepertiga wanita pascamenopause yang mengonsumsi kapsul valerian dua kali sehari selama empat minggu melaporkan kualitas tidur yang lebih baik, menurut suatu penelitian.

“Tanaman valerian bekerja pada reseptor asam gamma-aminobutirat yang mengontrol aktivitas saraf adrenalin,” kata Dasgupta.

Susu hangat dan teh susu

Berkat triptofan, kalsium, dan magnesium dalam susu, minum susu hangat sebelum tidur dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak. Disajikan hangat membuat minuman lebih menenangkan dan mudah dicerna, kata Dasgupta.

"Triptofan adalah asam amino yang selanjutnya menghasilkan melatonin," katanya.

Melatonin adalah hormon alami dalam tubuh yang diproduksi oleh kelenjar pineal. Dia dikeluarkan pada malam hari dan dapat membantu kamu mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Teh susu emas (golden milk tea) adalah minuman tradisional India dengan campuran susu, kayu manis, jahe dan kunyit yang kaya akan komponen kurkumin. Kurkumin memiliki efek antiinflamasi dan berpotensi untuk mengatasi gejala kecemasan dan depresi yang dapat mengganggu tidur.

Teh lemon balm

Lemon balm, ramuan beraroma lemon yang berasal dari famili yang sama dengan mint, secara tradisional digunakan untuk meningkatkan suasana hati, selain untuk memberi rasa pada daging, makanan laut, dan makanan yang dipanggang.

Ramuan ini dapat membantu mengurangi gejala insomnia. Sebuah studi pada tahun 2011 menemukan terdapat penurunan 42% pada gejala insomnia partisipan setelah mereka menerima ekstrak lemon balm setiap hari selama 15 hari.

Teh bunga markisa

Teh bunga markisa, yang diseduh dari daun kering, bunga dan batang tanaman Passiflora, telah digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kecemasan.

Dalam sebuah penelitian di mana partisipan meminum secangkir teh bunga markisa, membuat catatan harian tentang tidur dan mengisi kuesioner kecemasan selama satu minggu, kualitas tidur secara signifikan lebih baik bagi mereka yang minum teh dibandingkan dengan obat penenang.

Teh bunga markisa yang dikombinasikan dengan tanaman valerian sama efektifnya dengan Ambien, obat umum untuk insomnia, dalam meningkatkan kualitas tidur, berdasarkan sebuah studi tahun 2013. (Fariza Rizky Ananda)

Sumber: CNN
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers