web analytics
  

Lebih Sehat dengan Metode Pernapasan Anulom Vilom

Rabu, 12 Agustus 2020 18:25 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Lebih Sehat dengan Metode Pernapasan Anulom Vilom, Pernapasan Anulom Vilom,gaya hidup sehat,Meditasi

Ilustrasi Pernapasan Anulom Vilom. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Anulom vilom adalah jenis pernapasan terkontrol (pranayama) dalam yoga. Pernapasan dilakukan dengan menutup satu lubang hidung saat menghirup udara, lalu menahan lubang hidung lainnya saat mengembuskan napas. Proses tersebut dibalik dan diulangi.

Jenis pernapasan ini memiliki banyak manfaat fisik dan psikologis, termasuk pengurangan stres. Mayoritas orang dapat mempraktikkan pernapasan anulom vilom dengan aman dan tanpa efek samping.

Tertarik mencobanya? Begini langkah tepat untuk berlatih pernapasan anulom vilom dilansir dari Healthline, Rabu (12/8/2020).

Pertama, ingat bahwa anulom vilom harus dilakukan dengan perut kosong, sebaiknya 4 jam setelah makan. Anda juga harus menemukan lingkungan yang sejuk dan nyaman.

Pilih posisi duduk bersila. Jaga agar tulang punggung dan leher tetap lurus lalu tutup mata Anda. Bersihkan pikiran dari segala sesuatu di luar momen tersebut.

Letakkan pergelangan tangan luar Anda di lutut, seperti pose meditasi. Dengan menggunakan tangan kanan, lipat jari tengah dan telunjuk ke arah telapak tangan.

Letakkan ibu jari Anda di lubang hidung kanan dan jari manis Anda di lubang hidung kiri. Tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari dan tarik napas melalui lubang hidung kiri. Lakukan secara perlahan dan dalam, sampai paru-paru terasa penuh.

Selanjutnya, lepaskan ibu jari dan tutup lubang hidung kiri dengan jari manis Anda. Buang napas perlahan melalui lubang hidung kanan.

Langkah selanjutnya, lakukan hal tersebut secara terbalik. Hiruplah udara melalui lubang hidung kanan dan mengembuskan napas melalui lubang hidung kiri.

Selama proses berlangsung, fokus pada napas Anda. Rasakan juga bagaimana hal itu memengaruhi tubuh dan pikiran.

Cobalah selama lebih kurang satu menit untuk memulai. Pertama kali mencoba, mungkin akan terasa sedikit aneh, jadi lakukan saja selama Anda merasa nyaman.

Tipnya, jangan memaksakan diri untuk keluar dari zona nyaman karena penting untuk merasa rileks. Latihan pernapasan ini dapat selalu dicoba lagi di lain waktu. Tingkatkan waktu sesuai dengan kemampuan Anda perlahan-lahan.

Manfaat Pernapasan Anulom Vilom

Praktik pernapasan anulom vilom di pagi hari dapat membantu Anda memulai hari dengan kondisi yang lebih baik. Jika dilakukan di malam hari, anulom vilom bisa menjadi metode relaksasi yang meningkatkan kualitas tidur.

Anulom vilom juga terkenal karena mempromosikan manfaat kesehatan mental seperti melatih kesabaran, fokus, kendali tubuh, menghilangkan stres, dan kecemasan.

Selain itu, manfaat lain yang bisa didapat dari praktik anulom vilom adalah peningkatan kesehatan otak, pernapasan, dan kesehatan kardiovaskular. (Ventriana Berlyanti)

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers