web analytics
  

Kuliner Berbahan Telur Terbaik di Dunia

Kamis, 13 Agustus 2020 03:08 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Kuliner Berbahan Telur Terbaik di Dunia, Telur,Kuliner,Shakshuka,Omelet,Eggs Benedict,Tortilla Española,Scotch egg

Telur merupakan salah satu makanan yang disukai hampir seluruh masyarakat dunia, bisa mudah ditemukan dalam berbagai resep makanan yang ada di berbagai negara. (Unsplash.com/John Baker)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Telur merupakan salah satu bintang dari kuliner di seluruh dunia, disukai oleh berbagai kalangan masyarakat dan rentang usia. Kualitas resep kuliner telur diakui di seluruh dunia dengan banyak macam resep dan budaya yang melatarbelakanginya.

Daftar kuliner berikut ini akan membawa kamu pada tur global ke beberapa tempat, menampilkan berbagai cara telur menjadi sajian hidangan yang manis, gurih, dan setiap rasa lainnya, dilansir dari CNN.

Shakshuka, Timur Tengah dan Afrika Utara

Meskipun paling sering disebut sebagai hidangan dari Israel, shakshuka (terjemahan kasar: semuanya tercampur aduk) dinikmati di seluruh Timur Tengah dan Afrika Utara. Kuliner ini sering disajikan dalam wajan besi bersama dengan bongkahan roti kering, menjadikannya hidangan favorit untuk brunch.

Apa yang membuat shakshuka begitu menarik adalah telur yang dimasak dengan lembut dan direbus dengan saus tomat pedas. Kelezatannya semakin terasa dengan cara mencelupkan sepotong roti ke dalam saus harum yang dibubuhi kuning telur.

Burger yang bertumpuk, Australia

Masakan Australia terdiri atas kekuatan bahan-bahannya yang sangat segar, tetapi salah satu hidangan yang paling disukai di negara ini adalah hidangan yang lebih sederhana, yaitu burger dari "bar susu" lokal atau toko fish-n-chips.

Biasa dinikmati di bawah sinar matahari pesisir pantai, burger Australia disajikan dengan cukup sederhana dengan roti putih polos, patty daging sapi cincang, bawang panggang, dan keju.

Namun yang membuatnya menjadi "burger yang bertumpuk" adalah tambahan telur goreng, nanas, bacon, dan irisan tebal acar bit kalengan. Lengkapi dengan saus barbekyu Australia (mirip dengan saus steak A1). Kamu juga bisa menambahkan selada dan tomat jika suka.

Omelet, Prancis

Pada hakikatnya, asal usul telur dadar masih diperdebatkan. Menurut Eggcyclopedia American Egg Board, sajian tersebut pertama kali dibuat oleh orang Romawi kuno, yang menyebutnya ovemele (telur dan madu). Tapi telur dadar yang kita kenal dan cintai hari ini mungkin juga berasal dari Prancis.

Variasi hidangan berlimpah, telur dadar Prancis Jacques Pépin dibuat dengan menambahkan bumbu segar ke telur yang dikocok dan dimasak dalam wajan panas dengan banyak mentega. Biarkan adonan matang, kocok aduk telur sebentar, lalu miringkan dan lipat telur yang sudah matang. Pemegang Rekor Dunia Guinness Howard Helmer bisa melakukannya dalam 42 detik.

Carbonara, Italia

Inti dari masakan ini adalah telur, keju, daging yang diawetkan, lada hitam di atas pasta. Hidangan carbonara ala Romawi menambahkan bacon dan kuning telur bubuk (ransum yang dipasok Amerika di Roma pasca-Perang Dunia II) ke atas hidangan pasta dasar.

Kemungkinan ada sebanyak 400 variasi carbonara, tetapi menurut sejarawan makanan Italia, Emilio Dente Ferracci, tradisi Romawi menggunakan pancetta atau guanciale, kuning telur segar, dan pecorino Romano. Beruntung bagi siapa saja yang memakannya, karena carbonara saat ini semakin mudah untuk dibuat.

Eggs Benedict, AS

Asal mula Egg Benedict dapat ditelusuri hingga ke New York abad ke-19. Seperti yang ditulis Rachel Khong dalam "All About Eggs," hidangan ini dinamai sesuai dengan salah satu hidangan di restoran Delmonico, LeGrand Benedict – sajian telur rebus, roti panggang, daging asap dan saus hollandaise.

Penulis Michael Ruhlman menyukai sausnya yang terbuat dari kuning telur dan mentega. Muffin Inggris adalah pilihan modern untuk dasar hidangan tersebut.

Tortilla Española, Spanyol

Tortilla Española lebih dikenal dan digambarkan sebagai frittata Spanyol atau telur dadar Spanyol, dengan fokus pada telur dan kentang. Kunci untuk menguasai hidangan ini, menurut salah satu resep Bon Appétit, adalah membiarkan telur tidak terlalu matang untuk mendapatkan tekstur seperti custard.

Sajian ini bisa dinikmati sebagai tapa, atau sebagai makanan yang dimakan setiap saat. Alison Roman memiliki resep di The New York Times yang membingkainya sebagai casserole sarapan yang terdiri dari sandwich bacon, telur, dan keju klasik.

Scotch egg, Inggris

Sajian ini merupakan telur rebus yang dilapisi oleh daging, lalu dicelupkan ke dalam telur dan remah roti, dibumbui, dan digoreng.

Asal muasal Scotch Egg, dari buku "Fortnum & Mason: The Cook Book", diketahui sebagai camilan para pelancong hingga tahun 1738 dan dikatakan bahwa kemungkinan besar terinspirasi oleh hidangan India yang serupa.

Awalnya disebut telur "scotched" karena tambahan ikan teri dalam daging untuk meningkatkan rasa. Saat ini, daging yang digunakan selalu sosis babi tanpa ikan teri, meskipun Gordon Ramsay menyukai resep yang mencakup remahan puding hitam dan parutan apel hijau. (Fariza Rizky Ananda)

Sumber: CNN
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers