web analytics
  

Penuh Nutrisi, Kenali 7 Manfaat Susu Almond

Kamis, 13 Agustus 2020 02:57 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Penuh Nutrisi, Kenali 7 Manfaat Susu Almond, susu almond,Kesehatan,gula darah,Tulang,Penyakit Jantung,Vitamin D

Susu almond adalah pengganti susu bagi orang-orang yang tidak bisa meminum produk hewani. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Susu almond adalah alternatif produk susu yang dibuat dengan mencampurkan almond dengan air, kemudian menyaring campurannya. Susu ini memiliki rasa kacang-kacangan dan tekstur seperti krim yang mirip dengan susu biasa.

Karena alasan ini, susu almond adalah pilihan populer bagi orang-orang yang mengikuti diet vegan atau alergi dan tidak toleran terhadap produk susu.

Jika membeli produk jadinya, untuk alasan kesehatan, sebaiknya pilih susu almond yang tidak mengandung tambahan gula. Susu almond memiliki beragam manfaat kesehatan. Berikut adalah tujuh di antaranya dirangkum dari Medical News Today, Rabu (12/8/2020).

1. Bergizi

Susu almond mengandung tambahan vitamin D, kalsium, dan protein, membuatnya mirip dengan kandungan nutrisi susu biasa. Namun, susu almond kaya akan beberapa vitamin dan mineral, terutama vitamin E. Susu almond tidak cocok sebagai pengganti susu untuk bayi.

2. Rendah kalori

Meskipun almond mengandung 50% lemak dan tinggi kalori, susu almond yang dijual kebanyakan termasuk dalam minuman rendah kalori. Ini berarti Anda bisa meminumnya dalam jumlah banyak tanpa menyebabkan penambahan berat badan.

Namun, tidak semua susu almond itu sama. Susu almond buatan sendiri dan merek tertentu mungkin mengandung jumlah kalori yang jauh lebih tinggi, tergantung pada berapa banyak almond yang dikandungnya per cangkir.

Selain itu, beberapa produk mengandung gula tambahan, yang harus dihindari untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

3. Susu almond tanpa pemanis tidak meningkatkan gula darah

Susu almond bebas gula adalah minuman rendah karbohidrat yang mengandung kurang dari 2% karbohidrat atau 3,43 gram karbohidrat dalam 1 cangkir.

Susu almond juga tinggi lemak dan protein dibandingkan dengan kandungan karbohidratnya. Untuk alasan ini, tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Hal ini menjadikan susu almond cocok untuk penderita diabetes serta orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat.

Namun, ketika memilih produk susu almond, pastikan untuk membaca daftar bahan dan pilih produk yang semurni mungkin.

4. Bebas kandungan susu

Susu almond adalah susu imitasi. Susu almond tidak mengandung susu sapi atau produk hewani lainnya, menjadikannya pilihan yang bagus untuk orang-orang yang mengikuti diet vegan, tidak toleran laktosa atau alergi terhadap susu.

5. Susu almond yang diperkaya dapat memperkuat tulang

Untuk membuat susu almond lebih mirip dengan susu asli, produsen sering memperkayanya dengan kalsium. Misalnya, secangkir susu almond yang dijual mungkin mengandung lebih kurang 37% kalsium dari kebutuhan harian, tergantung pada jenis dan mereknya.

Hasilnya, susu almond yang diperkaya menjadi sumber kalsium yang sangat baik bagi orang yang tidak mengonsumsi produk olahan susu hewani.

6. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Susu almond tinggi vitamin E dan mengandung lemak sehat. Kandungan dalam susu almond memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Meminumnya secara teratur dapat bermanfaat bagi jantung.

7. Susu almond kaya vitamin D

Sama seperti susu biasa, susu almond sering mengandung tambahan vitamin D. Jumlah vitamin D bervariasi antar produk. Hal ini membuat konsumsi susu almond secara teratur dapat membantu mencegah kekurangan vitamin D(Ventriana Berlyanti)

Sumber: Medical News Today
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers