web analytics
  

Liga Tanpa Degradasi, Persib Fokus Jaga Performa Impresif

Selasa, 11 Agustus 2020 19:09 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Liga Tanpa Degradasi, Persib Fokus Jaga Performa Impresif, Pelatih Persib Bandung Robert Alberts,Liga Tanpa Degradasi,Performa Impresif

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts memberikan pengarahan kepada para pemain. (Ayobandung.com)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung Robert Alberts memberikan pandangannya terkait keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai aturan penghapusan sistem degradasi di Liga 1 2020. Menurutnya keputusan itu harus bisa bisa dipahami semua pihak lantaran pandemi covid-19 telah menghantam industri sepak bola Tanah Air.

"Kami harus memahami masalah di sepak bola Indonesia baik itu Liga 1, Liga 2 dan Liga 3. Kami harus melihat dari perspektif yang berbeda, (beberapa) klub tidak bisa bermain di kandang, karena pertandingan dipusatkan di pulau Jawa. Jadi kami harus memahami PSSI dan LIB dan harus menerima itu," kata Robert usai latihan.

Meski begitu, pelatih asal Belanda itu menyarankan PT LIB dan PSSI bisa tetap menerapkan sistem degradasi. Hal ini untuk menjaga semangat kompetisi antartim dalam lanjutan Liga 

"Secara pribadi sebagai pelatih, saya menyarankan ada zona degradasi untuk empat klub paling bawah dan mereka akan bertanding melawan empat tim teratas dari Liga 2. Jadi nanti akan ada semacam laga play off," katanya.

"(Zona degradasi) akan membuat liga lebih menarik karena setiap klub akan berusaha menghindari posisi tidak aman. Selain itu, klub dari Liga 2 juga jadi lebih bersemangat untuk masuk ke Liga 1," ungkapnya.

Namun, pelatih berusia 65 tahun tetap menyerahkan segala keputusan kepada PT LIB dan PSSI. Persib pun, kata Robert, siap menjalankan seluruh kebijakan yang diterapkan federasi.

"Tapi itu hanya masukan pribadi dari saya. Jika peraturannya tetap seperti itu maka kami tetap menerimanya dan melihat dari sudut pandang lain mengingat kondisinya sedang seperti ini sekarang," katanya.

Robert juga menegaskan, Persib akan tetap bertekad untuk mempertahankan performa impresif dalam lanjutan komeptisi. Menurut Robert, skuat Maung Bandung akan berjuang untuk terus duduk di papan atas klasemen sama seperti sebelum kompetisi ditangguhkan karena pandemi Covid-19.

Di tiga lawa awal kompetisi, skuat Maung Bandung menunjukkan performa apik dengan menyapu bersih kemenangan. Karenanya, Robert dan tim asuhannya masih memiliki target tinggi dalam lanjutan Liga 1 2020.

"Kami tidak melihat bagaimana untuk menghindari degradasi tapi kami mencari peluang untuk tetap berada di puncak. Berjuang untuk memperebutkan posisi teratas dan tentunya mencoba untuk menjadi juara," kata Robert usia latihan.

"Jadi jika pertanyaannya adalah bagaimana menjaga semangat pemain menghindari degradasi, kami akan berusaha untuk tetap berada di atas," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers