web analytics
  

9 Puskesmas di Kota Bogor Terpapar Covid-19

Rabu, 12 Agustus 2020 21:55 WIB Husnul Khatimah
Umum - Regional, 9 Puskesmas di Kota Bogor Terpapar Covid-19, Puskesmas di Kota Bogor,Terpapar Covid-19

Ilustrasi Terpapar Covid-19. (Irfan Al-Faritsi)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan puskesmas terpapar Covid-19 di Kota Bogor bertambah menjadi 9.

"Dari pemeriksaan swab tes didapat 30 orang dengan hasil positif, dengan rincian 19 orang dengan alamat Kota Bogor dan 11 orang alamat luar Kota Bogor berasal dari 9 puskesmas," ujar Retno, Rabu (12/8/2020).

Dia mengatakan 30 orang positif merupakan karyawan puskesmas yang terjaring setelah Pemkot Bogor melakukan tes massif dengan salah satu sasarannya adalah tenaga kesehatan yang merupakan kelompok yang berisiko tertular Covid-19.

"Kita melakukan pemeriksaan karyawan di puskesmas di Kota Bogor, yang meliputi tenaga Kesehatan dan non kesehatan di 25 puskesmas se-Kota Bogor dan 1 Labkesda Kota Bogor," katanya.

Hingga saat ini total karyawan Puskesmas yang sudah dilakukan swab tes sebanyak 974 orang, 30 diantaranya positif Corona.

Mereka yang terpapar Covid-19 berkantor di Puskesmas Gang Aut 3 orang, Pusksmas Cipaku 6 orang, Puskesmas Bogor Utara 7 orang, Puskesmas Sindang Barang 4 orang, Puskesmas Tanah Sareal 2 orang, Puskesmas Merdeka sebanyak 1 orang, Puskesmas Mekarwangi 3 orang, Puskesmas Semplak sebanyak 1 orang, dan Puskesmas Pulo Armin sebanyak 3 orang.

"Untuk 6 Puskesmas sementara seluruh pelayanan ditutup yaitu Mekarwangi, Cipaku, Bogor Utara dan Gang Aut, Sindang Barang dan Semplak mulai tanggal 12 sampai dengan 14 Agustus 2020 untuk dilakukan disinfeksi menyeluruh," kata Retno.

Selanjutnya seluruh karyawan Puskesmas akan di swab dan rapid ulang. Pelayanan akan dibuka kembali pada tanggal 15 Agustus 2020 dengan pelayanan dibatasi hanya untuk kunjungan sakit, gawat darurat dan rujukan. Pelayanan akan kembali normal setelah ada hasil swab ulang karyawan.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers