web analytics
  

BNN Kota Bandung dan Instansi Pendidikan Kolaborasi Jalankan P4GN

Rabu, 12 Agustus 2020 08:52 WIB M. Naufal Hafizh
Bandung Raya - Bandung, BNN Kota Bandung dan Instansi Pendidikan Kolaborasi Jalankan P4GN, narkoba,pencegahan narkoba,BNN Kota Bandung,Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba

Rapat kerja BNN Kota Bandung (Ist)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM BNN Kota Bandung menyelenggarakan Rapat Kerja Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba, Selasa (11/8/2020) di Fox Harris Hotel Bandung.

Rapat tersebut membahas legalitas hukum bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba, jenis narkotika baru, pemetaan wilayah daerah Kota Bandung yang melakukan penyalahgunaan dan peredaran narkoba, menggerakan penggiat antinarkoba—khususnya di lingkungan pendidikan—dan juga terkait rehabilitasi.

Kegiatan yang dihadiri perwakilan dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas/Kejuruan dan Perguruan Tinggi ini bertujuan mengedukasi program P4GN. Antara lain, menggerakkan peran serta dari lingkungan pendidikan untuk ikut bersinergi memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Kota Bandun, serta memetakan calon penggiat antinarkoba yang akan memperoleh pengembangan kapasitas atau pelatihan P4GN guna mewujudkan Bandung Bersinar (Bersih Narkoba).

Dalam rapat kerja tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar menyampaikan upaya peran instansi pemerintah, swasta, dalam lingkungan pendidikan menciptakan lingkungan satuan pendidikan di Kota Bandung yang bersih dari narkoba, melalui upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), sebagaimana diamanatkan dalam UU Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 Pasal 104-108 tentang peran serta masyarakat. Selain itu tertuang di dalam InpresNomor 2 Tahun 2020 mengenai P4GN dan juga Perendagri Nomor 12 Tahun 2019, untuk mendukung program P4GN diperlukan peningkatan peran serta Pemerintah Daerah dan masyarakat.

“Kita selaku garda terdepan dalam bidang pendidikan harus memastikan agar anak didik kita tidak terjebak dalam penyalahgunaan dan peredaran narkoba”, ujar Hikmat Ginanjar.

Pada kegiatan tersebut Kepala BNN Kota Bandung mengatakan, dalam upaya penanggulangan narkoba di Kota Bandung, harus adanya kerja sama dari seluruh komponen masyarakat, khususnya yang ada di dalam lingkungan pendidikan.

“Upaya pencegahan, penanggulangan, dan rehabilitasi harus ada peran aktif dari lingkungan pendidikan yang membantu untuk menciptakan Kota Bandung bersih dari narkoba (Bersinar),” ujar AKBP Deni Yus Danial, S.IP, MH selaku Kepala BNN Kota Bandung.

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Iwan Abdulrachman yang akrab dengan sebutan Abah Iwan sebgai narasumber dalam kegiatan Rapat Kerja.

Dalam sesi materinya Abah Iwan menyampaikan pengalamannya dapat menjadi pribadi yang memiliki hidup 100% sadar, sehat, produktif, bahagia tanpa narkoba seperti tagline dari BNN. Abah Iwan memberikan tip bahwa untuk memiliki hidup 100% kita harus memiliki physical fitness skill, knowledge, technical skill, human skill, dan environmental skill.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers