web analytics
  

Rekrut 100 Caddy Lokal, Lapangan Golf di Kota Baru Parahyangan Gandeng Disnakertrans

Rabu, 12 Agustus 2020 15:09 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, Rekrut 100 Caddy Lokal, Lapangan Golf di Kota Baru Parahyangan Gandeng Disnakertrans, Lowongan Kerja,lowongan kerja bandung,Kota Baru Parahyangan,Parahyangan Golf,Disnakertrans Kabupaten Bandung Barat

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjalin sinergitas dengan perusahaan swasta untuk mengurangi angka pengangguran.  (Ayobandung.com/Tri Junari)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjalin sinergitas dengan perusahaan swasta untuk mengurangi angka pengangguran. 

Terbaru, Parahyangan Golf Bandung di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, membuka seleksi rekrutmen tenaga kerja untuk menempati 100 lowongan kerja sebagai caddy atau pramugolf.

Kepala Bidang Pelayanan, Pelatihan, Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (P3TKT) Disnaker KBB, Ati Indrawati mengatakan, lowongan pramugolf masih di buka untuk menyerap 100 tenaga kerja.

Dengan klasifikasi wanita berusia 18-24 tahun, tinggi badan minimal 157 sentimeter, berijazah SMK/SMA, dan tidak berkacamata bisa mengikuti seleksi di Disnaker.

"Sampai saat ini sudah ada 10 orang mengikuti seleksi, 6 di antaranya sudah masuk,"kata Ati kepada Ayobandung.com, Rabu (12/8/2020). 

Bagi mereka yang berminat dan masuk kriteria, Disnakertrans melakukan seleksi awal kemudian menyerahkan seleksi lanjutan kepada pihak perusahaan.

"Kita lakukan seleksi awal seperti tinggi badan sesuai klasifikasi perusahaan," katanya.

Manajer Operasional Parahyangan Golf Bandung Dais mengatakan, dari total 50 pelamar hanya 8 yang mengikuti seleksi, 7 di antaranya dinyatakan bisa mengikuti seleksi dan pelatihan terlebih dahulu sebelum bekerja.

Perusahaan sengaja menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk memberikan kesempatan pada pencari kerja warga sekitar KBB untuk bekerja di Parahyangan Golf Bandung.

"Kami prioritaskan pencari kerja di sekitar tempat kami berdiri," kata Dais di Kantor Disnakertrans KBB.

Sistem honorarium sebagai pramugolf, kata dia, adalah kontrak kemitraan, namun setidaknya dalam sehari caddy bisa mendapat Rp250.000. Berbeda dengan staf mereka mendapat upah dengan besaran Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). 

Di tempat sama, Kepala Disnakertrans KBB Iing Solihin menerangkan, rekrutmen tenaga kerja di Parahyangan Golf ini bagian dari program integrasi penempatan tenaga kerja. 

Per Agustus 2020 ada 10 perusahaan besar di KBB yang menjalin rekrutmen dengan Disnakertrans KBB. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk link and match antara pemerintah daerah dan perusahaan.

"Ini bagian dari sinergitas antara pemerintah daerah dan perusahaan yang ada disini, kami fasilitasi seleksi awal di kantor," katanya.

Berdasar data terakhir, 10 perusahaan besar memberikan informasi lowongan seperti di antaranya PT Medion 4 orang, Sanbe Farma 1 orang, PT Indofood 7 orang, Medion 2  butuh 8 orang, dan paling besar PT Parahyangan Golf Bandung 100 orang. 

Kemudian PT Adonasi Alfa Omega 4 posisi, PT Sumber Indah Lestari 1 posisi, PT Beton Elemindo Perkasa 3 Posisi, PT Beton Elemen Persada 3 posisi, dan Yayasan Darul Hik 1 Posisi.

"Artinya pencari kerja bisa datang langsung ke kantor Disnakertrans KBB untuk melamar dan menanyakan klasifikasi yang diinginkan perusahaan," katanya. 

Disnakertrans KBB akan terus melalukan pendataan dan sinergitas lowongan pekerjaan ini dengan seluruh perusahaan yang berdiri di KBB. Hal ini untuk menghindari penipuan lowongan kerja yang banyak tersebar di media sosial.

"Silakan datang ke kantor untuk mencari informasi lowongan kerja, kami akan membantu menyalurkan sesuai minat dan klasifikasi yang ada," tuturnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers