web analytics
  

Ketahui Berbagai Manfaat Oat bagi Kesehatan

Rabu, 12 Agustus 2020 07:28 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Ketahui Berbagai Manfaat Oat bagi Kesehatan, Oat,Oatmeal,havermut,Kesehatan,Peradangan

Oatmeal. (unsplash/@smakoladka)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM Oatmeal atau havermut adalah makanan yang cukup populer sejak lama. Berbagai manfaat disebut akan kita dapatkan bila mengonsumsi havermut. Namun, apakah havermut benar-benar bagus untuk kesehatan?

Oat memiliki banyak jenis. Ada steel cut yang dibuat dari gandum utuh lalu dicincang kasar. Kemudian, ada rolled oat yang dibuat dengan cara gandum utuh dikukus, digiling, lalu ditumbuk berbentuk pipih. Ada pula quick oat yang pembuatannya dengan cara digiling dan ditipiskan.

Menurut Joanne Slavin, profesor ilmu makanan dan gizi dari University of Minnesota, jenis oat apapun yang Anda pilih, seluruhnya dianggap sebagai gandum utuh. Semuanya kurang lebih sama dalam hal sifat gizi dasarnya.

“Berdasarkan bukti yang ada, memakan gandum utuh baik untuk kesehatan,” kata Shengmin Shang professor ilmu makanan dan kesehatan manusia di North Carolina A&T State University. Shang merupakan profesor yang telah menguji nutrisi dari oat.

“Mengonsumsi gandum utuh dapat mencegah diabetes dan menurunkan kadar kolesterol, yang dapat mencegah penyakit jantung. Beberapa penelitian juga menunjukkan oat punya efek anti-peradangan yang bisa mencegah peradangan terkait penyakit kronis,” jelas Shang seperti yang dikutip dari TIME.

Fiber atau serat adalah salah satu kandungan oat. Serat memiliki manfaat memperlambat pengolahan dan penyerapan makanan sehingga kita merasa kenyang dan melunakkan respons insulin tubuh. Ini semua bisa mengurangi risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Selain itu, menurut Shang, oat juga memiliki kandungan phytochemical yang memiliki kandungan antioksidan dan anti-peradangan. Oat juga merupakan sumber vitamin B, vitamin E, mineral seperti magnesium menurut keterangan Edward Giovannuci professor gizi dari Harvard School of Public Health.

Namun, menambahkan oat dengan gula, natrium, atau zat aditif lainnya akan mengurangi manfaat kesehatannya. “Oat instan memiliki seluruh kandungan gandum utuh, tapi kekhawatiran saya adalah tambahan gulanya,” tutur Shang. 

Oleh karena itu, Anda harus memilih oat yang bebas gula dan zat aditif lainnya. Hal ini dilakukan agar Anda bisa merasakan seluruh manfaat kesehatan oatmeal. (Putri Shaina)

Sumber: Time
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers