web analytics
  

5 Jenis Makanan Sehat Ini Turunkan Risiko Kanker Payudara

Rabu, 12 Agustus 2020 03:43 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, 5 Jenis Makanan Sehat Ini Turunkan Risiko Kanker Payudara, Kesehatan,Kanker Payudara,Jeruk,Manfaat Jeruk,sayuran hijau,berry

Jeruk, salah satu makanan yang mampu mengurangi risiko kanker payudara. (Pixabay/S. Hermann & F. Richter)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah makanan sehat dan alami mampu menurunkan risiko kanker payudara.

Setidaknya 43,1 orang per 100 ribu penduduk Indonesia mengalami kanker payudara.

Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa makanan sehat untuk menurunkan risiko kanker payudara, antara lain:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kale, arugula, bayam, sawi disebut memiliki sifat antikanker. Sayuran berdaun hijau sendiri mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang terkait dengan penurunan risiko kanker payudara

Sebuah analisis dari 8 studi menemukan bahwa perempuan yang memiliki tingkat karotenoid lebih tinggi berisiko lebih rendah mengalami kanker payudara.

2. Buah Sitrus

Buah sitrus dipenuhi dengan senyawa seperti folat, vitamin C, beta cryptoxanthin, beta karoten, quercetin, hesperetin, dan naringenin yang dapat melindungi tubuh dari risiko kanker payudara

Dalam hal ini, buah sitrus bisa dalam bentuk jeruk, jeruk bali, lemon, limau, dan jeruk keprok.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makarel memiliki manfaat tinggi bagi kesehatan. Kandungan lemak omega-3, selenium, dan antioksidan canthaxanthin dapat melindungi tubuh dari kanker. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan ikan berlemak secara spesifik dapat mengurangi risiko kanker payudara.

4. Berry

Buah berry dikenal dengan kandungan antioksidan seperti flavonoid dan anthocyanin. Kandungan ini terbukti melindungi tubuh dari kerusakan sel serta pengembangan dan penyebaran sel kanker.

5. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi seperti yoghurt, kimchi, miso, dan asinan kubis mengandung probiotik dan nutrisi yang dapat melindungi tubuh dari kanker payudara.

Sebuah tinjauan terhadap 27 studi menunjukkan bahwa produk susu fermentasi, seperti yogurt dan kefir dapat mengurangi risiko kanker payudara pada masyarakat Barat dan Asia.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers