web analytics
  

4 Jenis Veteran Indonesia

Rabu, 12 Agustus 2020 10:31 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Unik, 4 Jenis Veteran Indonesia, veteran,indonesia

Sejumlah veteran mengikuti upacara peringatan Hari Veteran Nasional di Kantor DPC LVRI, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (10/8/2020). Upacara yang diikuti puluhan veteran yang berada di Kota Bandung tersebut guna memperingati Hari Veteran Nasional ke-63. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Bila mengingat momen kemerdekaan, tentu kita tidak bisa melepaskannya dari peran serta para veteran yang dahulu berjuang. Tapi tahukah kamu kalau veteran terbagi ke dalam beberapa jenis?

Menurut Undang-undang RI No 15 Tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia, disebutkan bahwa terdapat 4 jenis veteran di Indonesia. Berikut pembagiannya menurut pasal 1 dan 3.

1. Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia adalah warga negara Indonesia yang dalam masa revolusi fisik antara tanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan tanggal 27 Desember 1949 yang berperan secara aktif berjuang untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia di dalam kesatuan bersenjata resmi dan/atau kelaskaran yang diakui oleh pemerintah pada masa perjuangan.

2. Veteran Pembela Kemerdekaan Republik Indonesia adalah warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah yang berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain dalam rangka membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang terjadi setelah tanggal 27 Desember 1949.

Dalam pasal 4 disebutkan juga yang termasuk ke dalam veteran jenis ini adalah veteran Pembela Trikora, Pembela Dwikora, Pembela Seroja, dan veteran pembela lainnya yang ditetapkan oleh Keputusan Presiden.

3. Veteran Perdamaian Republik Indonesia adalah warga negara Indonesia yang berperan secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam rangka melaksanakan misi perdamaian dunia.

4. Veteran Anumerta Republik Indonesia yang terbagi kembali menjadi tiga. Pertama, veteran anumerta pejuang kemerdekan Republik Indonesia yang gugur dalam masa revolusi fisik antara tanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan tanggal 27 Desember 1949.

Kemudian veteran pembela kemerdekaan Republik Indonesia adalah  warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah yang berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain yang gugur dalam rangka membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terakhir, veteran perdamaian Republik Indonesia yaitu warga negara Indonesia yang berperan secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa yang gugur dalam rangka melaksanakan misi perdamaian dunia. (Putri Shaina)

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers