web analytics
  

Bantu KBM Daring, Diskominfo Purwakarta Terjunkan Internet Bergerak

Selasa, 11 Agustus 2020 14:40 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bisnis - Advertorial, Bantu KBM Daring, Diskominfo Purwakarta Terjunkan Internet Bergerak, Diskominfo purwakarta,kbm daring,bupati purwakarta,anne ratna mustika

Layanan internet bergerak Diskominfo Purwakarta (Ist)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pada proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau dengan sistem online di daerah peloksok di wilayah Kabupaten Purwakarta dimasa pandemi Covid-19 ini menemui sejumlah kendala.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika atau biasa disapa Ambu Anne dalam kunjungannya ke Kecamatan Tegalwaru beberapa pekan lalu, mengatakan akan membantu masyarakat dengan menyediakan internet berjalan, untuk mengatasi permasalahan internet, untuk kegiatan KBM dengan sistem online.

"Pemkab Purwakarta akan menyiapkan mobil internet untuk membantu wilayah-wilayah pedesaan yang belum terpasang fiber optik," ujar Ambu Anne beberapa waktu lalu.

Untuk membantu mengatasi hal tersebut, Pemkab Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memaksimalkan penggunaan Unit Layanan Internet Bergerak (mobil internet) pada sejumlah wilayah di Kabupaten Purwakarta, yang akses internetnya belum memadai, di antaranya wilayah Kecamatan Tegalwaru, Maniis, dan Sukasari.

"Kita siapkan mobil internet berjalan pada titik-titik tertentu di sejumlah wilayah secara bergantian. Diharapkan bisa memberikan bantuan kemudahan akses para pelajar yang tengah melaksankan KBM online terutama wilayah yang susah sinyal," ujar Kadiskominfo Purwakarta, Siti Ida Hamidah.

Pemkab Purwakarta sejak 2018 sedang melakukan program pemasangan internet di setiap desa dan baru terpasang di beberapa desa. Akan tetapi pelaksanaan tahun ini terkendala dengan adanya pandemi Covid-19. Sehingga pemasangan fiber optik sebagai sarana penyebaran internetpun terhambat, dan rencanana akan dilaksanakan pada anggaran perubahan.

"Untuk tahun sekarang kami tidak bisa memasang jaringan fiber optik untuk memaksimalkan tersebarnya internet di tiap desa karena pandemi Covid-19. Insya Allah akan dilanjutkan di anggaran perubahan sekitar September 2020," ujarnya.

Menurutnya, untuk mengatasi permasalah internet Diskominfo Purwakarta mempunyai solusi dengan mobil internet.

"Kita mempunyai satu unit layanan internet bergerak dengan fasilitas yang cukup lengkap di mana terdapat televisi, laptop, tenda, genset, dan modem," ujarnya.

Bahkan, lanjut Ida, unit internet tersebut disiapkan juga untuk menunjang kebutuhan internet darurat seperti dalam kondisi bencana.

"Selama ini, telah digunakan pada agenda-agenda gempungan dan kegiatan darurat seperti keperluan internet pada bencana alam," tuturnya.

Seperti diketahui, pada masa pandemi Covid-19 ini pemerintah memutuskan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas terpaksa ditiadakan. 

Meski para pelajar sekarang belajar dari rumah, bukan berarti kegiatan belajar mengajar ditiadakan, maka pemerintah membuat kebijakan KBM di lakukan secara online.(ADV)

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers