web analytics
  

Kulit Rentan Eksim saat Pakai Hand Sanitizer? Ini Solusinya

Selasa, 11 Agustus 2020 11:48 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Kulit Rentan Eksim saat Pakai Hand Sanitizer? Ini Solusinya, eksim,Hand sanitizer,Kesehatan,Cara Mencegah Virus Corona,tangan kasar

Ada beberapa cara yang bisa dicoba agar terhindar dari bercak eksim saat sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Salah satunya rajin menggunakan pelembap tangan. (Pexels/Anna Shvets)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Di tengah pandemi Covid-19, penderita eksim kemungkinan besar akan kesulitan menemukan sabun dan hand sanitizer yang tepat. Salah-salah, kondisi kulit dapat semakin parah.

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga tangan tetap bersih dan bebas dari bercak eksim dilansir dari Vogue, Senin (10/8/2020).

Dermatologis Adebola Dele-Michael, dari Radiant Skin Dermatology and Laser di Amerika berujar penggunaan sabun dan hand sanitizer memang berpotensi melemahkan kulit.

"Penggunaan yang sering dapat menyebabkan eksim karena melarutkan lipid kulit dan melemahkan pelindung kulit," tuturnya. Karena itu, penting untuk menggunakan pelembap tangan yang dapat mengembalikan lipid dan tingkat kelembapan kulit.

Paula Bourelly, dokter kulit Olney Dermatology di Amerika mengatakan, daripada hand sanitizerjika mungkin tetaplah gunakan sabun dan air untuk cuci tangan. Namun, jika harus menggunakan hand sanitizeraplikasikan krim pelembap tangan seperti yang dikatakan Dele-Michael.

"Krim pelembap lebih baik daripada losion biasa dan (yang berwujud) salep bekerja paling baik,” ujar Bourelly. Tekstur salep yang lebih berminyak, membuat dia kemudian menyarankan salep lebih baik diaplikasikan sebelum tidur.

Elyse Love, seorang dokter kulit memberi saran agar menyimpan pelembap ringan di tempat terjangkau. Fungsinya agar selalu ingat untuk mengoleskan pelembap di tangan beberapa kali sehari.

Memilih Hand Sanitizer dan Sabun Cuci Tangan

Pemilik Bergen Dermatology di Amerika Naana Boakye mengatakan, ada kunci untuk menemukan hand sanitizer yang tepat untuk kulit rentan eksim dan sensitif.

Carilah hand sanitizer yang memiliki jumlah etil alkohol tepat, yaitu 75% serta memiliki sifat pelembap seperti minyak esensial. Dia merekomendasikan produk H2One.

Mengenai sabun untuk tangan yang sensitif, Bourelly merekomendasikan sabun antibakteri Cetaphil karena formulanya yang lembut. Sementara Boakye memilih Semina Soothing Bar yang mengandung shea butter dan minyak alpukat dan kelapa.

Jika kekeringan atau ruam kulit tidak kunjung hilang setelah melakukan penyesuaian ini, Elyse Love menuturkan mungkin perlu tindakan lanjutan. “Ruam dapat sembuh dengan praktik perawatan kulit yang lembut, tetapi mungkin juga membutuhkan obat resep untuk menyembuhkannya," ujar Love. (Ventriana Berlyanti)

Sumber: Vogue
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers