web analytics
  

Jokowi Pantau Uji Klinis Vaksin Covid-19 Hari Pertama di Bandung

Selasa, 11 Agustus 2020 11:02 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Jokowi Pantau Uji Klinis Vaksin Covid-19 Hari Pertama di Bandung, Jokowi,Uji klinis vaksin Covid-19,Bandung Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo saat tiba di Kota Bandung. Jokowi ikut memantau hari pertama pelaksanaan uji klinis tahap III vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Selasa (11/8/2020). (Biro Setpers)

SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM -- Presiden RI Joko Widodo ikut memantau hari pertama pelaksanaan uji klinis tahap III vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Selasa (11/8/2020). Uji klinis vaksin hari ini dilaksanakan di 6 titik. Di masing-masing titik, 20-25 relawan akan diuji.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, hinga pukul 10.40 WIB, suasana di depan RSP Unpad masih sepi, mengingat akses menuju Jalan Eyckman ditutup, kecuali untuk pasien Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS). Jajaran pengamanan tampak berjaga di sekitar RSP Unpad sejak sekira pukul 07.00 WIB. 

Sebelum bertolak ke RSP Unpad, Jokowi memberikan sejumlah arahan terkait penanganan Covid-19 di markas Kodam III/Siliwangi.

Setelah itu, dia meninjau PT Bio Farma untuk melihat fasilitas produksi vaksin Covid-19. Proses uji klinis sendiri berlangsung secara tertutup demi keamanan.

Berdasarkan keterangan Manajer lapangan Uji Vaksin Covid-19 dari Unpad Eddy Fadlyana, hingga Senin (10/8/2020), jumlah relawan vaksin yang mendaftar sebanyak 1.020 orang dari total 1.620 relawan yang dibutuhkan. Jumlah tersebut ditentukan berdasarkan hitungan statistik yang mempertimbangkan total populasi Kota Bandung hingga tingkat kesehatan warganya.

Pendaftaran relawan masih terus dibuka hingga 31 Agustus 2020. Warga yang mau mendaftar harus memastikan bahwa dirinya berdomisili di Kota Bandung, berada dalam keadaan sehat, dan berusia antara 18-59 tahun.

Uji klinis tahap ketiga ini dilaksanakan dengan menyuntikkan bakal vaksin yang mengandung virus SARS CoV-2 yang telah dimatikan ke tubuh relawan. Nantinya, kesehatan para relawan akan terus dipantau dan dijamin oleh asuransi selama penelitian berlangsung.

Uji klinis akan dilakukan di 6 lokasi, yakni Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Balai Kesehatan Unpad, dan 4 puskesmas di Kota Bandung.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers