web analytics
  

Lima Bulan Jeda, Robert Alberts Bicarakan Kebugaran Pemain

Senin, 10 Agustus 2020 20:54 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Lima Bulan Jeda, Robert Alberts Bicarakan Kebugaran Pemain, Pelatih Persib Bandung Robert Alberts,Kebugaran Pemain Persib

Skuat Persib Bandung. (istimewa)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung Robert Alberts menilai wajar adanya penurunan kebugaran dari pemainnya. Bagi seorang atlet sepak bola jeda 5 bulan dari kompetisi dipastikan berpengaruh pada kebugaran dan kondisi fisik para pemain.

Menurut pelatih asal Belanda ini, selama aktivitas tim diliburkan, para pemain tetap melaksanakan latihan mandiri. Karenanya, saat kembali berlatih sebagai tim, tak banyak kendala yang dialami.

"Kondisi fisik, karena mereka tetap berlatih mandiri jadi tidak ada masalah di kebugaran. Tapi tentu ada perbedaan untuk fisik dalam sepak bola dari sekadar olahraga di lapangan," kata Robert usai sesi latihan di Stadion GBLA, Senin (10/8/2020).

Robert menuturkan, dalam gim internal yang dilakukan tim di latihan perdana terlihat adanya penurunan kebugaran pada para pemain. Namun Robert menegaskan, kekurangan itu akan dibenahi sebelum kick off Liga 1 2020.

"Bisa dilihat tadi mereka begitu kuat dan lincah serta termotivasi. Tetapi kebugaran dalam bermain sepak bola masih kurang karena kami tidak berlatih sepak bola selama 20 pekan. 4 bulan 2 pekan dan itu berpengaruh besar bagi setiap atlet," ungkap Robert.

Pelatih berusia 65 tahun itu juga memuji kedisiplinan anak asuhnya dalam menjaga massa tubuh selama jeda kompetisi. Namun Robert mengatakan, untuk menjaga kondisi fisik terbaik dari seluruh pemain, jajaran pelatih akan tetap memberikan program terkait pola makan dan asupan nutrisi.

"Kami memulai program untuk berat badan hari ini. Sebelumnya mereka sudah mendapat program untuk berat badan di rumah dan pagi ini mereka didata lagi, setelah itu kami akan memberikan pengarahan untuk pemain," katanya.

"Jika kalian lihat seperti Fabiano, sebagai contoh, dia begitu disiplin menjalankan tugas dan dia menjaga kondisinya. Jadi itu sinyal yang bagus. Jadi hari ini kami memulai program berat badan dan nutrisi," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers