web analytics
  

Mengenal LVRI, Satu-satunya Organisasi Veteran Indonesia

Senin, 10 Agustus 2020 17:23 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Nasional, Mengenal LVRI, Satu-satunya Organisasi Veteran Indonesia, veteran,Hari Veteran Nasional,Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI),Organisasi

Tanggal 10 Agustus merupakan Hari Veteran Nasional, dalam rangka menghargai dan mengenang jasa-jasa veteran Indonesia yang telah berjibaku meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (veteranri.go.id)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hari ini, 10 Agustus, diperingati sebagai Hari Veteran Nasional. Para pejuang yang telah berjibaku meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia patut dikenang jasanya. Maka dari itu, Hari Veteran Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Hari Veteran Nasional.

Veteran Republik Indonesia, menurut UU No. 15/2012, adalah warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah, berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain dan/atau gugur dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Selain itu, seseorang dikatakan veteran Indonesia ketika ikut serta secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melaksanakan misi perdamaian dunia, yang telah ditetapkan sebagai penerima Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia.

Masih menurut UU No. 15/2012, pasal 18 ayat 3, semua Veteran Republik Indonesia otomatis menjadi anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), yang merupakan satu-satunya organisasi Veteran di Indonesia.

Organisasi ini pertama kali dicetuskan pada kongres LVRI pertama yang dihadiri 2300 veteran di seluruh Indonesia, mewakili jutaan veteran yang berjuang antara tahun 1945-1949. Kongres tersebut dilaksanakan pada 22 Desember 1956-2 Januari 1957 di Decca Park, Jakarta. Semua organisasi bekas pejuang bersenjata di seluruh Indonesia yang ikut kongres tersebut sepakat melebur dalam satu organisasi; Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Pada 2 April 1957, Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden RI No 103 tahun 1957 Tentang Legiun Veteran. Regulasi tersebut mengesahkan pembentukan LVRI dan diakui sebagai satu-satunya badan yang mewakili kaum Veteran dalam hubungan dengan instansi-instansi pemerintah dan organisasi-organisasi Veteran Internasional. (Fariza Rizky Ananda)

Sumber: Veteran RI
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers