web analytics
  

Kasus Penistaan Agama, Apollinaris Ditahan di Polrestabes Bandung

Senin, 10 Agustus 2020 16:22 WIB Fichri Hakiim
Bandung Raya - Bandung, Kasus Penistaan Agama, Apollinaris Ditahan di Polrestabes Bandung, Apollinaris Darmawan,penistaan agama,Islam

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Petugas kepolisian satuan Polrestabes Bandung mengamankan pelaku penistaan agama, Apollinaris Darmawan, di Jalan Jatayu, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih mengatakan, tersangka diamankan petugas kepolisian Polsek Cicendo dan Satreskrim Polrestabes Bandung, Sabtu (8/8/2020)

"Masyarakat pun ikut membuat laporan tersebut. Kemudian, ada beberapa yang kita jadikan barang bukti selain dari medsos dan video pendek yang terkait. Dalam video tersebut, tersangka menghina agama Islam," katanya, Senin (10/8/2020).

Dia menjelaskan, sebelumnya Apollinaris pernah ditahan pada Maret dengan kasus yang sama. "Tersangka pernah ditahan dengan kasus yang sama dan saat ini dia mendapatkan asimilasi. Pelaku memiliki pandangan lain atau ideologi lain," tutur Galih.

Apollinaris juga sering menulis dan menerbitkan buku. Namun, isi dari buku yang dia tulis mengandung unsur penistaan terhadap agama Islam.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 45 ayat 2 UU ITE tentang ujaran kebencian. Hukuman pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Sebelumnya, melalui video yang beredar viral di media sosial, Apollinaris mengeluarkan pernyataan yang mengumbar ujaran kebencian dan penghinaan terhadap agama Islam.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers