web analytics
  

H-1, Menkes Datangi Lokasi Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Bandung

Senin, 10 Agustus 2020 15:39 WIB
Bandung Raya - Bandung, H-1, Menkes Datangi Lokasi Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Bandung, Uji klinis vaksin Covid-19,Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto,Jokowi,Unpad

Petugas Gugus Tugas Covid-19 Jabar mengambil sampel darah saat menggelar rapid test peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Selasa (7/7/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengunjungi Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jalan Eijkman No 38, Bandung, Senin (10/8/2020).

Kunjungan dilakukan untuk memastikan kesiapan ruang uji klinis vaksin Covid-19 fase III yang akan perdana dilaksanakan Selasa (11/8/2020).

Kunjungan Menkes Terawan didampingi langsung Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti, Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Dr med Setiawan, dr AIFM, serta ketua tim riset uji klinis vaksin Covid-19 Prof Dr.Kusnandi Rusmil, dr, Sp.A.(K), M.M.

Terawan juga memastikan proses perdana penyuntikan vaksin ke sejumlah relawan akan berjalan dengan baik. Presiden RI Joko Widodo direncanakan meninjau langsung hari pertama proses uji vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan Unpad.

“Yang terpenting, proses uji vaksin perdana besok harus sesuai protokol kesehatan. Mengingat besok akan ada Presiden yang langsung meninjau,” ujar Menkes Terawan saat meninjau ruang uji.

Terkait proses penyuntikan vaksin asal Sinovach, Tiongkok, tersebut, Dekan FK Unpad Setiawan memastikan bahwa ruang uji vaksin yang berada di lantai 2 gedung RSP Unpad sudah disterilisasi.

“Ruang sudah dilakukan disinfeksi sesuai dengan ketentuan,” kata Setiawan.

Selain itu, pihaknya memastikan kondisi kesehatan para tenaga kesehatan maupun relawan uji klinis besok. Semuanya, sudah dilakukan tes PCR. Mereka yang hasilnya negatif bisa mengikuti uji klinis perdana vaksin Covid-19 besok.

“Catatannya, uji klinis ini sebetulnya relatif aman karena seluruh petugas dan subjek dites dulu. Jadi semuanya negatif. Jadi kondisi ruangan untuk uji klinis jauh lebih aman dibandingkan kondisi seperti biasa. Karena sudah ada penapisan lebih awal,” kata Setiawan.

Ditemui usai mendampingi Menkes Terawan, Rektor Unpad menjelaskan, proses uji klinis vaksin Covid-19 kerja sama Unpad dengan Bio Farma ini merupakan aktivitas strategis. Uji klinis ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk segera mengakhiri pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Karena itu, Pak Menkes ingin memastikan apakah penyuntikan perdana itu akan bisa berjalan baik. Beliau juga melihat bagaimana kapasitas Unpad untuk bisa mengerjakan riset dan inovasi lainnya,” ujar Rina.

Bagi Unpad, uji klinis vaksin Covid-19 merupakan salah satu momentum untuk mengembangkan sejumlah riset dan inovasi lainnya. “Pak Menkes akan support hal tersebut,” kata Rektor. 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers