web analytics
  

Ayo Berkebun dan Rasakan Berbagai Manfaatnya!

Senin, 10 Agustus 2020 07:11 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Ayo Berkebun dan Rasakan Berbagai Manfaatnya!, Berkebun,Kesehatan,Psikologi,Manfaat Berkebun

Ilustrasi berkebun. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM Berkebun dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Dan Buettner, seorang penulis dan pakar umur panjang, mengunjungi kelompok centenarian, yakni mereka yang hidup hingga 100 atau lebih tua, di seluruh dunia pada 12 tahun lalu.

Ada banyak negara yang dikunjungi, mulai dari Okinawa di Jepang, wilayah Barbagia di Sardinia, dan sebuah tempat di California. Buettner menyebut tempat-tempat ini sebagai 'Zona Biru’.

Dia dan tim peneliti lain ingin menemukan kesamaan yang membuat anggota kelompok centenarian hidup lebih lama, bahagia, dan sehat.

Setelah mempelajarinya, Buettner menemukan bahwa mereka sama-sama suka berkebun. Manfaat berkebun ternyata luar biasa.

Bukan cuma kebetulan, memang sudah ada banyak penelitian membuktikan bahwa berkebun meningkatkan kesejahteraan dan umur panjang.

Dilansir CNBC, berikut alasan berkebun bisa bikin hidup lebih lama.

1. Membawa Anda ke alam

Paparan sinar matahari, udara segar, dan menikmati pemandangan tanaman memberikan manfaat kesehatan.

"Alam adalah restoratif, karena kita punya semacam disposisi yang disiapkan secara biologis untuk merespons positif terhadap alam karena kita berevolusi di alam," ujar peneliti lingkungan Roger Ulrich.

Kegiatan berkebun rupanya tidak hanya baik untuk kesehatan fisik tapi juga mental.

Menurut dia, ini adalah hal bagus karena manusia cenderung merespons secara positif terhadap lingkungan yang menguntungkan.

2. Olahraga yang bagus

Berkebun masih memenuhi syarat sebagai olahraga karena kegiatan ini butuh jumlah aktivitas fisik yang berbeda.

"Berkebun mengembalikan ketangkasan dan kekuatan, dan latihan aerobik yang terlibat di dalam kegiatan ini juga mengeluarkan jumlah kalori yang sama seperti di gym," tutur Richard Thompson, seorang peneliti di Royal College of Physicians London.

3. Bisa memakan apa yang ditanam

Menanam buah dan sayuran, seperti yang dilakukan orang-orang di Zona Biru, akan memberi manfaat kesehatan tambahan. Asupan nutrisi dari sayuran atau buah yang Anda tanam akan lebih banyak.

Sebagian besar buah-buahan dan sayuran kehilangan 30 persen nitrisi dalam tiga hari setelah panen karena respirasi. Itu adalah suatu proses alami ketika sayuran dan buah terus bernapas setelah dikeluarkan dari tanah.

Nah, jika Anda membeli produk di supermarket atau pasar, ada kemungkinan sayuran dan buah itu dipetik beberapa hari sebelumnya atau bahkan lebih lama.

Berdasarkan ketiga manfaat ini, Buettner menyimpulkan bahwa berkebun adalah salah satu kunci umur panjang kelompok centenarian.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers