web analytics
  

5 Penyebab Utama HP Kamu Lemot

Senin, 10 Agustus 2020 11:38 WIB M. Naufal Hafizh
Bisnis - Gadget, 5 Penyebab Utama HP Kamu Lemot, HP,smartphone,Ponsel Lemot,Lemot

HP lemot mungkin pernah dialami semua orang. Lantas, apa penyebab utamanya? (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- HP lemot mungkin pernah dialami semua orang. Lantas, apa penyebab utamanya?

Jangan sampai kamu mengambil tindakan yang tidak sesuai dengan penyebab HP kamu lemot, tindakan tersebut bisa jadi malah menimbulkan masalah baru.

HP merupakan teknologi yang menawarkan segala kemudahan bagi para penggunanya.

Namun pada beberapa kasus, HP justru dapat menyulitkan pengguna karena performanya yang semakin memburuk. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Berikut 5 penyebab kenapa HP lemot yang perlu diketahui.

1. Terlalu banyak aplikasi yang dijalankan

Terlalu banyak menjalankan aplikasi sekaligus dapat menyebabkan HP Anda menjadi lemot. Kebiasaan ini membuat HP harus bekerja lebih keras sehingga tidak heran jika performanya akan menurun. Untuk mengatasi hal ini, tutup aplikasi-aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan.

2. Memori dan RAM hampir penuh

Penyebab HP lemot juga dapat disebabkan oleh memori internal dan RAM yang hampir penuh. RAM yang penuh dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya malware yang terbawa saat Anda menginstal aplikasi. Bahkan dalam beberapa kasus, malware tidak akan ikut terhapus saat Anda menghapus aplikasinya. Pada beberapa HP, terdapat aplikasi pembersih yang bisa Anda gunakan untuk menghapus sisa-sisa malware ini. Lakukan secara berkala untuk mengoptimalisasikan performa HP Anda.

3. Tidak memiliki memori eksternal

HP lemot juga dapat disebabkan karena di HP tersebut tidak terdapat memori eksternal. Hal ini menyebabkan setiap penyimpanan akan ditujukan ke satu tempat saja yakni memori internal. Jika Anda membagi tempat penyimpanan HP Anda di dua memori yang berbeda, performa HP lemot niscaya dapat teratasi.

4. Data Cache yang Menumpuk

Data cache dapat menghabiskan cukup banyak ruang penyimpanan. Jika dibiarkan menumpuk, data ini akan semakin membuat HP lemot. Bersihkan data cache secara berkala karena data ini akan selalu bertambah seiring penggunaan aplikasi di HP Anda. Bagi pengguna Android, Anda dapat membersihkan data cache ini di menu Settings.

5. Menggunakan Wallpaper Animasi dan Widget secara Berlebihan

Menggunakan wallpaper dan widget yang canggih memang dapat membuat tampilan HP menjadi lebih menarik. Namun, penggunaannya membutuhkan CPU, grafik, dan tentunya memori HP Anda. Jika ingin meningkatkan performa HP Anda, sederhanakan tampilan layarnya. Cara ini juga bahkan dapat memperpanjang masa pakai daya HP Anda.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers