web analytics
  

Pulihkan Sektor Manufaktur, Emil Minta Masukan OJK

Minggu, 9 Agustus 2020 17:21 WIB
Umum - Regional, Pulihkan Sektor Manufaktur, Emil Minta Masukan OJK, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,Pemprov Jabar,Otoritas Jasa Keuangan (OJK),Industri Manufaktur

Ridwan Kamil (Republika)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, pandemi Covid-19 memukul sektor manufaktur. Padahal, sektor tersebut menyumbang 40% Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), dan 60% industri manufaktur Indonesia berada di Jabar.

Oleh karena itu, Ridwan Kamil berharap, pemerintah pusat melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan masukan agar industri manufaktur Jabar dapat pulih dan menggerakkan ekonomi nasional.

"Kami mohon OJK memberikan input bagaimana mendorong mesin besar (industri manufaktur) yang sedang mogok ini naik seperti mesin kecil yang sudah bagus. Semoga dalam seminggu ada rekomendasi atau kebijakan dari OJK," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil usai menerima kunjungan kerja Ketua Dewan Komisioner OJK RI Wimboh Santoso di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Ahad (9/8/2020).

Menurut Emil, dalam pertemuan dengan OJK RI, muncul sebuah gagasan bahwa untuk memulihkan sektor manufaktur, pemerintah akan berupaya membeli komoditas industri manufaktur. Sebab, di tengah pandemi Covid-19, ekspor terhambat.

"Salah satu gagasannya tadi kita beli barangnya. Tapi juga mungkin ada keterbatasan. Atau kita menggiring korban PHK (industri) manufaktur bisa kerja di sektor yang ekonominya diserap lokal, seperti produk pangan atau pertanian," paparnya.

Selain manufaktur, kata dia, sektor pertanian dan pariwisata merupakan kekuatan ekonomi Jabar. Emil mengatakan, pertanian merupakan sektor paling tangguh menghadapi pandemi Covid-19.

"Tapi ada sektor-sektor lain juga yang justru malah tumbuh yaitu pertanian. Pertumbuhan antara manufaktur dan nonmanufaktur ini belum seimbang karena manufaktur porsi PDRB-nya besar sekali yaitu 40 persen," katanya.

Emil menyatakan, pandemi Covid-19 memukul semua sektor perekonomian. Situasi tersebut membuat pemerintah harus bergerak cepat membuat kebijakan yang terukur. Tidak hanya di sektor ekonomi, tetapi juga kesehatan.

"Ekonomi ini rumit karena dimensinya besar, khusus Jabar sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar, kami sudah petakan. Jadi yang paling banyak terkontraksi paling besar adalah sektor manufaktur," katanya.

Menurut Ketua Dewan Komisioner OJK RI Wimboh Santoso, pemerintah sudah memberikan berbagai insentif untuk menggerakkan sektor manufaktur di tengah pandemi. Salah satunya, jaminan tambahan modal kerja untuk kredit korporasi.

Menurutnya, sekarang ia sedang menggarap bagaimana meningkatkan sektor korporasi yaitu manufaktur. Pemerintah, sudah memberikan berbagai insentif di antaranya penjaminan tambahan modal kerja untuk kredit korporasi.

"Kalau yang padat karya sharing dari pemerintah sebesar 60 persen dijamin, kalau nonpadat karya 50 persen," kata Wimboh.

Wimboh melaporkan, mayoritas sektor manufaktur di Jabar adalah padat karya. Oleh karena itu, OJK RI akan berupaya memasarkan komoditas industri manufaktur Jabar di pasar domestik.

Menurut Wimboh, ia akan melihat secara detail bagaimana agar tumbuh, bagaimana bisa memasarkan produk ini untuk domestik karena sekarang ini kalau ekspor masih diambang ketidakpastian dunia. Sehingga, harus re-orientasi untuk pasar domestik.

"Kami juga akan memberikan solusi karena pertumbuhan ekonomi ini bukan hanya didorong oleh sektor informal dan konsumsi UMKM, tapi korporasi juga harus bangkit," katanya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

terbaru

Penipu Bermodus Calo CPNS Diamankan Kepolisian

Regional Jumat, 23 April 2021 | 22:00 WIB

Korban diiming-imingi akan lolos CPNS dengan adanya uang pelicin tersebut.

Umum - Regional, Penipu Bermodus Calo CPNS Diamankan Kepolisian, Penipu Bermodus Calo CPNS,Unit Resmob Satreskrim Polres Ciamis Polda Jabar,Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A. Chaniago

Pelarangan Mudik Polres Cianjur, Pemkab akan Tutup Jalan Tikus

Regional Jumat, 23 April 2021 | 21:50 WIB

Apabila ada yang memaksakan mudik, setiap warga akan diperiksa dengan meminta surat keterangan negatif Covid 19.

Umum - Regional, Pelarangan Mudik Polres Cianjur, Pemkab akan Tutup Jalan Tikus, Pelarangan Mudik Polres Cianjur,jalur altenatif Mande-Cianjur,Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021,Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah,Surat Keterangan Negatif Covid-19,Kabupaten Cianjur

Gagalnya Upaya Penyelundupan Benih Lobster ke Vietnam dan Singapura

Regional Jumat, 23 April 2021 | 21:40 WIB

Upaya penyelundupan benih lobster dari Kabupaten Sukabumi berhasil digagalkan oleh kepolisian.

Umum - Regional, Gagalnya Upaya Penyelundupan Benih Lobster ke Vietnam dan Singapura, Penyelundupan Benih Lobster,Vietnam,Singapura,Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A. Chaniago

Ada Aplikasi 'Kopi Kental', Plt Bupati Cianjur Apresiasi bank bjb

Regional Jumat, 23 April 2021 | 20:25 WIB

Aplikasi tersebut memiliki fasilitas yang akan memudahkan pencarian informasi bagi ASN.

Umum - Regional, Ada Aplikasi 'Kopi Kental', Plt Bupati Cianjur Apresiasi bank bjb , Plt Bupati Cianjur,bank bjb,Aplikasi “Kopi Kental”,Aparatur Sipil Negara (ASN),Kabupaten cianjur

Forkopimda Cianjur 'Pelototi' Harga Pangan di Pasar Tradisional

Regional Jumat, 23 April 2021 | 20:20 WIB

Diketahui jika saat ini beberapa harga pangan yang sebelumnya naik mulai turun lagi.

Umum - Regional, Forkopimda Cianjur 'Pelototi' Harga Pangan di Pasar Tradisional, Forkopimda Cianjur,Harga Pangan,Pasar Tradisional,Plt Bupati Cianjur Herman Suherman,Kabupaten Cianjur

Imbas Kebakaran Penampungan Ban Bekas, Pemukiman Warga Menghitam

Regional Jumat, 23 April 2021 | 17:37 WIB

Menghitamnya pemukiman warga terjadi sejak Kamis 22 April 2021 kemarin.

Umum - Regional, Imbas Kebakaran Penampungan Ban Bekas, Pemukiman Warga Menghitam, Kebakaran Penampungan Ban Bekas,Kabupaten Bogor,Desa Karanggan,Kecamatan Gunungputri,Pemukiman Warga Menghitam

Cara Tasikmalaya Latih Kewirausahaan Mantan Napi Teroris

Regional Jumat, 23 April 2021 | 17:26 WIB

Pelatihan ini untuk merangkul eks narapidana teroris hingga menmberikan pengarahan dan kehidupan pascakeluar dari tahana...

Umum - Regional, Cara Tasikmalaya Latih Kewirausahaan Mantan Napi Teroris, mantan napi teroris,mantan napi terorisme,pembinaan mantan napi teroris,Kewirausahaan Mantan Napi Teroris,eks narapidana teroris Tasikmalaya,eks narapidana teroris,eks napiter

Stok Darah Kurang, PMI Sumedang Optimalkan Darah Pengganti

Regional Jumat, 23 April 2021 | 17:18 WIB

PMI Sumedang kekurangan stok darah selama pandemi dan bulan puasa.

Umum - Regional, Stok Darah Kurang, PMI Sumedang Optimalkan Darah Pengganti, Stok Darah Kurang,PMI Kekurangan Stok Darah,PMI Sumedang,stok darah selama pandemi,stok darah selama Ramadan,darah pengganti PMI,Penyaluran darah,Prosedur pendonoran selama pandemi

artikel terkait

dewanpers