web analytics
  

Klaster Secapa AD Membaik, PSBM Cidadap Bandung Tak Diperpanjang

Sabtu, 8 Agustus 2020 12:37 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Klaster Secapa AD Membaik, PSBM Cidadap Bandung Tak Diperpanjang, klaster Secapa AD,Wali Kota Bandung Oded M Danial,PSBM Cidadap,Bandung Hari Ini

Wali Kota Bandung Oded M Danial memutuskan tidak memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. PSBM tersebut rencananya berakhir pada Senin (10/8/2020). (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Oded M Danial memutuskan tidak memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. PSBM tersebut rencananya berakhir pada Senin (10/8/2020).

"PSBM di Cidadap akan diakhiri, terakhir sampai tanggal 10 Agustus. Jadi tidak akan diperpanjang," ungkap Oded dalam konferensi pers di Balai Kota Bandung, Jumat (7/8/2020).

Dia mengatakan, hal tersebut disebabkan oleh klaster penyebaran Covid-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) yang terletak di Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, berhasil dikendalikan. Hingga saat ini, jumlah siswa Secapa AD yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 terus bertambah.

"Saat ini menurut informasi, klaster Secapa sudah terkendali dan masyarakat Cidadap juga disiplin dalam menjalankan PSBM," ungkapnya.

"Saya sudah melakukan kontak dengan komandan (di Secapa AD) dan mereka sudah luar biasa dalam menangani klaster tersebut," katanya.

PSBM di Kecamatan Cidadap awalnya dimulai 14 Juli hingga 27 Juli 2020. Setelah itu, tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung memutuskan PSBM dilanjutkan pada 28 Juli hingga 10 Agustus 2020.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Brigjen TNI Nefra Firdaus menyatakan, siswa positif Covid-19 di Secapa AD yang sudah sembuh hingga Jumat (7/8/2020) ada sebanyak 1.216 orang. Jumlah tersebut diperoleh dari hasil swab test.

"Hasil tes swab tanggal 6 hingga 7 Agustus menunjukkan 22 pasien dinyatakan negatif Covid-19," ungkapnya, dalam keterangan resminya.

Dengan demikian, sebanyak 92,9% siswa di Secapa AD telah dinyatakan negatif Covid-19. Sisanya, terdapat 92 orang yang masih positif dan tengah menjalani isolasi mandiri.

"Sekarang menyisakan 92 pasien yang masih positif atau sebanyak 7,1%," ungkapnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers