web analytics
  

Jangan Asal Pilih Thermo Gun, Jika Tak Ingin Salah Beli

Sabtu, 8 Agustus 2020 05:30 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Jangan Asal Pilih Thermo Gun, Jika Tak Ingin Salah Beli, Thermo Gun,Kesehatan,jenis,corona covid-19

Penggunaan thermo gun. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19, dokter muda Shela Rachmayanti, meminta masyarakat tidak salah menggunakan thermo gun yang khusus untuk mendeteksi suhu tubuh.

Hal itu karena ada jenis thermo gun jenis lain yang fungsinya untuk mengukur suhu ruangan.

"Jangan sampai tertukar dengan thermo gun yang digunakan untuk mengukur suhu ruangan. Biasanya warnanya (thermo gun mengukur suhu ruangan) adalah oranye dan hitam," ujarnya saat mengisi konferensi virtual Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bertema Thermo Gun dan Masker: Apa Manfaatnya?, Jumat (7/8/2020).

Jika salah menggunakan thermo gun bukan untuk mengukur suhu tubuh, dia menambahkan, suhu tubuh tidak bisa dideteksi karena diukur oleh alat yang digunakan untuk menilai suhu ruangan.

Artinya, akurasi thermo gun untuk suhu ruangan lebih rendah dibandingkan thermo gun untuk ukur suhu tubuh.

Contohnya, suhu tubuh manusia normal 36,5 derajat Celsius kemudian diukur menggunakan termometer untuk ruangan maka bisa keluar hasil 3,4 atau 3,2.

"Ini yang berbahaya dan harus sangat diperhatikan karena kalau orang misalnya mengalami panas kemudian diperiksa dengan alat yang tidak sesuai akhirnya dia lolos. Kemudian orang itu bisa masuk ke ruangan publik dan berpotensi menyebarkan infeksi," katanya.

Terkait isu thermo gun bisa merusak otak, dia menegaskan, thermo gun jenis ini tidak mengeluarkan sinar infra red yang menyebabkan radiasi. Jadi, benda ini tidak membahayakan otak ataupun saraf-saraf di mata.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers